Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Campur Air Wiper dengan Sampo, Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com— Wiper menjadi salah satu komponen penting yang ada di mobil. Bukan hanya sebagai pemanis saja, wiper berfungsi untuk menunjang keselamatan berkendara agar selamat sampai tujuan.

Wiper akan membantu membersihkan kaca mobil agar pandangan pengemudi lebih jelas saat berkendara. Selain menyapu objek yang mengahalangi kaca, terdapat pula tabung wiper yang dapat menyeprotkan cairan dari nozzle.

Beberapa pemilik mobil akan mengisi tabung wiper dengan air yang dicampur dengan shampo. Cara ini dianggap akan membuat kaca lebih bersih saat disemprotkan oleh air yang telah di campur sampo.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan air wiper yang di campur sampo akan mengganggu visibilitas berkendara.

“Lebih baik dihindari karena efek busa dari sampo terlalu banyak sehingga menyulitkan saat dibersihkan bahkan mengganggu penglihatan pengemudi,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com

Sampo terdiri dari komposisi yang diciptakan untuk rambut manusia, maka dari itu kandungannya tidaklah bersahabat untuk kaca mobil.

Busah yang diciptakan sangat banyak dan harus dibilas menggunakan air yang banyak. Jika ketersediaan air kurang, maka busahnya akan menghalangi kaca.

Hal ini tentunya akan membuat pengemudi sulit melihat objek di luar kabin. Akan ada bahaya fatal yang mengintai apabila visibilitas pengemudi terganggu.

”Ada cairan khusus bagi wiper yang sudah tentu mengandung bahan untuk membersihkan kaca,” kata Didi.

Cairan wiper bisa ditemukan di toko aksesoris mobil. Harga yang ditawarkan juga beragam. Bahkan ada kemasan ekonomis yang harganya lebih murah dari sampo botol.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/15/154702315/jangan-campur-air-wiper-dengan-sampo-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke