Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Tepat Membersihkan Ruang Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com— Mesin mobil merupakan komponen vital pada kendaraan roda empat. Tanpa adanya mesin yang berfungsi dengan baik, mobil tidak dapat melaju dengan sempurna.

Oleh karena itu, kebersihan ruang mesin mobil juga harus di perhatikan. Bukan hanya pada bagian luar mobil saja, ruang mesin mobil yang telah lama digunakan juga lambat laun akan kotor.

Namun masih banyak yang tidak paham atau keliru dalam membersihkan ruang mesin mobil. Bahkan, tidak sedikit yang malah membersihkan karena takut mesin mobil mengalami masalah.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika membersihkan ruang mobil sebenarnya bisa dilakukan di rumah secara mandiri.

“Sebenarnya membersihkan bagian mesin mobil bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan ahli. Namun harus tetap hati-hati,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com. 

Didi menghimbau para pemilik mobil yang hendak membersihkan mesin mobil harus paham jika pada bagian mesin mobil ada beberapa komponen yang sensitif.

Maka dari itu, jika salah saat membersihkan, justru akan mengganggu kinerja dari mesin mobil.Komponen kelistrikan merupakan hal sensitif yang ada di dalam mesin mobil.

Apabila saat membersihkan ruang mesin menggunakan air, tentunya komponen-komponen kelistrikan tersebut sangatlah berbahaya.

Tidak hanya rusak, apabila terkena air komponen kelistrikan pada mesin mobil akan alami konslet. Bahkan, dari konslet tersebut dapat menimbulkan percikan api.

“Maka dari itu, sebaik saat membersihkan ruang mesin mobil di lap saja bagian yang kotor,” kata Didi.

Kemudian, lindungi atau di tutup menggunakan plastik bagian kelistrikan yang ada di mesin mobil. Cara ini akan melindungi bagian kelistrikan dari air. Setelah itu, dikeringkan atau di angin-anginkan menggunakan kipas atau ditiup.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/27/162100115/cara-tepat-membersihkan-ruang-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke