Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Keunggulan Posisi Pintu Bus di Tengah?

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan salah satu moda transportasi yang masih diminati sebagian masyarakat. Ukurannya yang besar, bus bisa mengangkut belasan sampai puluhan penumpang dalam sekali jalan.

Untuk masuk ke kabin bus, penumpang bisa mengakses pintu yang ada di depan dan belakang sisi kiri. Seiring berkembangnya zaman, pintu belakang bus juga ada yang posisinya di tengah.

Lalu apa keunggulan dari bus yang pintu belakangnya ada di tengah?

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, bus yang punya pintu belakang di tengah mempermudah akses penumpang masuk ke kabin.

“Penumpang yang masuk lewat pintu depan dan tengah bisa rata jumlahnya. Tidak menumpuk semuanya masuk dari pintu depan,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kalau pintu bus ada di belakang, penumpang merasa terlalu jauh jika harus masuk dari sana. Tapi kalau pintunya di tengah, sebaran penumpang bisa merata, jadi teratur saat mau masuk ke kabin.

Namun, menurut Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana, pintu yang posisinya ada di tengah, membuat ruang bagasi jadi lebih sempit. Seharusnya bus bisa punya tiga pintu bagasi di kiri, tapi harus berkurang karena adanya pintu.

“Pintu yang di tengah memang ruang bagasi jadi berkurang. Ada juga pintu di belakang roda tapi itu untuk akses perbaikan atau perawatan berkala,” ucap Werry.

Belum lagi kalau di tengah kabin ada toilet, sehingga ruang bagasi semakin terkikis. Memang ada kelebihan dan kekurangannya jika mau memakai bodi dengan posisi pintu yang ada di tengah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/05/172200815/apa-keunggulan-posisi-pintu-bus-di-tengah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke