Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO Haryanto Rilis Bus dari Karoseri Laksana

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Haryanto baru saja merilis bus dari karoseri Laksana. Bus ini tidak sepenuhnya baru, jadi hanya melakukan facelift di bagian depan dan belakang jadi model terbaru.

Asal mula bodinya adalah Legacy SR1 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Setelah diperbarui, kini bus berkelir putih dan biru tersebut memilik muka Legacy SR2 HD Prime S Series.

Jika dibandingkan, ubahan dari generasi SR1 ke SR2 sangat banyak. Misalnya saja dari SR1 yang single glass, di SR2 berubah jadi double glass.

Begitu juga bagian selendang, kini tampilannya lebih minimalis dengan ukurannya yang kompak.

Untuk bagian belakang, perbedaannya sangat banyak, mulai dari desain lampu hingga kaca yang kini mengadopsi design floating roof.

Untuk facelift bodi ini, ubahan yang dilakukan tidak banyak dan bodi lama tidak perlu diangkat dari sasis.

“Kita potong bagian depan dan belakang saja. Jadi bodi tengahnya tetap sama dari yang lama,” ucap Werry Yulianto, Export Manager karoseri Laksana.

Beralih ke bagian interior, tidak banyak ubahan yang dilakukan. Hal ini dikarenakan komponen seperti bangku yang kualitasnya masih baik, sehingga tidak perlu dilakukan penggantian.

“Interior ada penggantian dashboard dan lantai,” ucap Werry.

Melakukan facelift ini juga perlu dilakukan oleh operator bus. Sehingga bus kelihatan lebih modern karena mengikuti tren desain yang sedang berlangsung, misalnya seperti double glass yang membuat tampilan eksteriornya lebih garang.

Selain itu, tampilan bus baru juga bisa menarik perhatian penumpang. Ada saja penumpang yang sangat memerhatikan tampilan bus ketika mau memilih operator untuk perjalanannya ke luar kota.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/05/130100315/po-haryanto-rilis-bus-dari-karoseri-laksana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke