Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Menghubungkan Ponsel ke Head Unit Toyota Raize

JAKARTA, KOMPAS.com – Raize merupakan salah satu produk terbaru dari Toyota di Indonesia. Berbagai fitur disematkan pada mobil yang masuk ke segmen SUV kompak ini, salah satunya adalah head unit layar sentuh.

Berbeda dengan milik Daihatsu Rocky, head unit Raize tidak memiliki fitur Apple Carplay maupun Android Auto. Namun ada satu fitur di head unit Raize yang serupa dengan Android Auto maupun Apple Carplay, yaitu T-Link.

Pada kesempatan kali ini, Kompas.com akan memberikan langkah-langkah bagaimana menghubungkan smartphone ke head unit Raize lewat aplikasi T-Link. Hal yang pertama dilakukan adalah mengunduh aplikasi T-Link di Play Store.

Setelah sudah diunduh, sambungkan smartphone ke head unit lewat Bluetooth. Ketika sudah terhubung, pastikan memberi ceklis pada pilihan telepon1, Bluetooth Audio, dan T-Link.

Setelah telepon terhubung dengan Bluetooth head unit, siapkan kabel USB untuk mirroring layar smartphone. Setelah dihubungkan, buka aplikasi T-Link di smartphone dan head unit, tunggu ada info mengenai T-Link dan klik ‘OK’.

Begitu juga ketika T-Link ingin menampilkan apa yang ada di layar smartphone, pilih ‘start now’. Nantinya, pada layar head unit akan muncul peringatan soal tampilan yang nantinya sama dengan di smartphone.

Jika sudah, maka layar smartphone akan muncul di head unit, bisa memilih berbagai aplikasi yang mau dibuka. Misalnya ingin menonton Youtube atau membuka aplikasi navigasi, bahkan main games, bisa dilakukan dengan mudah.

Namun kekurangannya, ketika kami coba, fitur key board tidak muncul, jadi untuk mencari sesuatu, harus lewat perintah suara. Selain itu, T-Link ini hanya cocok dengan aplikasi dengan tampilan landscape, jika potrait seperti TikTok atau Instagram, layarnya menjadi kecil.

Selain itu, sambungannya masih memakai kabel USB tadi, dan prosesnya cukup ribet. Sedangkan jika Apple Carplay maupun Android Auto, nampak lebih mudah karena tinggal menghubungkan pakai kabel USB dan tekan menu Apple Carplay maupun Android Auto.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/18/102200215/begini-cara-menghubungkan-ponsel-ke-head-unit-toyota-raize

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke