Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Pahami Rumus 3 Detik Keramat Saat di Jalan Tol | Banyak Motor Gagal Lewati Tanjakan Cinomati, Begini Tekniknya

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian tabrakan beruntun memang sering terjadi di jalan tol. Dua penyebab dari kecelakaan beruntun adalah kecepatan yang terlalu tinggi serta kurangnya jaga jarak aman.

Jika sudah memasuki jalan tol, kadang pengemudi memang terlalu bersemangat sehingga kerap memacu kendaraannya.

Akan tetapi ada satu hal yang sering dilupakan, yaitu jaga jarak aman tiga detik dari mobil yang ada di depannya.

Tiga detik ini bukan sembarang angka, ada beberapa hal yang menjelaskan maksud lamanya waktu tersebut.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, tiga detik tersebut merupakan waktu persepsi manusia dan reaksi mekanikal (kendaraan).

Selain itu yang tak kalah menarik tentang teknik agar sepeda motor mulus melibas tanjakan.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 12 September 2021.

1. Banyak Motor Gagal Lewati Tanjakan Cinomati, Begini Tekniknya

Beberapa destinasi wisata di Indonesia berada di ketinggian. Tak jarang, untuk mencapainya harus melewati tanjakan yang cukup curam.

Salah satunya yang terkenal adalah Tanjakan Cinomati, yang menuju kawasan wisata Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Tanjakan ini memiliki kemiringan hingga 45 derajat dengan panjang mencapai 2,5 km.

Tentunya, butuh teknik khusus agar sepeda motor dapat menanjak. Bukan tak mungkin motor dapat melewati tanjakan curam tersebut.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam teknik menanjak menggunakan sepeda motor.

2. Tarif Bus AKAP Pandawa 87 Jakarta ke Banyuwangi, Tembus Rp 520.000

Bus AKAP merupakan salah satu transportasi umum darat yang menjadi andalan bagi sebagian masyarakat. Banyak Perusahaan Otobus (PO) yang bermain di segmen bus AKAP berlomba memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpangnya.

Pandawa 87 merupakan salah satu Perusahaan Otobus yang sudah cukup lama begerak di bidang transportasi umum.

Sebelumnya Pandawa 87 hanya melayani perjalanan wisata saja, namun mulai Juli lalu PO Pandawa 87 merambah ke segmen bus AKAP dengan trayek Jakarta-Surabaya-Banyuwangi.

Bus AKAP Pandawa 87 juga melayani penumpang yang naik maupun turun dari Semarang dan Cirebon. Pasalnya bus ini melayani baik keberangkatan ataupun penurunan di exit tol Cirebon dan Semarang.

3. Pakai Ambulans Palsu buat Liburan ke Puncak, Ini Ancaman Pidananya

Dalam pelaksanaan sistem lalu lintas ganjil genap di Kabupaten Bogor akhir pekan ini, Satlantas Polres Bogor mengamankan satu unit mobil ambulans palsu.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (11/9/2021), ambulans ini digunakan untuk menghindari skema ganjil genap dan menerobos antrean pemeriksaan dengan melawan arus, mengandalkan statusnya sebagai kendaraan prioritas.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian mengungkapkan bahwa ambulans tersebut hanyalah mobil biasa yang dimodifikasi tampilannya seperti ambulans.

"Jadi ambulans yang dikendarai itu enggak sesuai peruntukannya, artinya, ini mobil biasa yang didandani seperti ambulans, ditempeli stiker 'ambulance' di bagian belakang dan nomor telepon gawat darurat," kata Ardian.

4. Cara Menghitung Biaya Perpanjangan STNK 5 Tahunan untuk Mobil

Di samping perwatan rutin, pemilik mobil juga perlu melakukan pembayaran atas pajak kendaraan bermotor (PKB) sebagai kewajiban warga negara bersamaan dengan perpanjangan STNK.

Tetapi untuk tarif yang dikenakan, berbeda-beda tergantung periode PKB dan wilayah masing-masing. Kemudian, menjadi pertimbangan juga apakah para pemilik terkena pajak progresif atau tidak.

Untuk diketahui, pada tahun pertama pajak yang dikenakan cukup besar karena terdapat penghitungan atas biaya balik nama, pembuatan TNKB, dan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor.

Lalu di tahun kedua, ketiga, dan keempat biayanya lebih rendah sebab pemilik hanya dikenakan PKB, SWDKLLJ, dan biaya administrasi.

5. Link Live Streaming MotoGP GP Aragon, Mulai Pukul 19.00 WIB

Seri ke-13 MotoGP akan dilaksanakan di Sirkuit Ciudad del Motor de Aragon, Minggu (12/9/2021). Francesco Bagnaia akan memulai balapan nanti dari paling depan atau pole position.

Jika mengingat gelaran MotoGP Aragon tahun lalu, terjadi persaingan yang sengit. Alex Rins yang start dari posisi ke-10 berhasil menjadi pemenang, serta Alex Marquez yang saat itu menjadi rookie, bisa duduk di podium kedua.

Namun pada gelaran GP Aragon nanti malam, Rins start dari posisi ke-20 sedangkan Alex Marquez dari posisi ke-14. Hal yang patut ditunggu dari GP Aragon nanti adalah duo Factory Ducati yang mengisi posisi pertama dan kedua.

Selain itu, pemimpin klasemen pebalap MotoGP saat ini, Fabio Quartararo juga akan memulai dari bari depan, di posisi ketiga. Namun jangan lupa, Marc Marquez yang start dari posisi keempat mulai meperlihatkan tajinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/13/060200915/-populer-otomotif-pahami-rumus-3-detik-keramat-saat-di-jalan-tol-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke