Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Ada Saja Pengendara Motor Bandel yang Parkir di Jalur Penyelamat

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial kembali ramai dengan foto sekelompok pengendara motor yang parkir di jalur penyelamat Subang, Jawa Barat.

Foto tersebut viral setelah diunggah oleh akun instagram @agoez_band4, Minggu (29/8/2021). Dalam foto tersebut terlihat beberapa pengendara motor yang memarkir kendarannya di jalur penyelamat.

Padahal, di lokasi tersebut jelas-jelas sudah terdapat imbauan larangan berhenti, parkir, apalagi swafoto di sepanjang jalur keselamatan karena membahayakan.

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana sangat menyayangkan sikap pengendara motor tersebut. Ia menegaskan, jalur penyelamatan memang wajib kosong, karena merupakan tempat atau area titik tangkap kendaraan yang mengalami rem blong. Bukan tempat untuk berhenti.

“Rem blong ini kan emergency (darurat). Artinya, tidak hanya kendaraan saja yang bermasalah tetapi pengemudi juga pasti panik. Sehingga dibutuhkan jalur yang clear, bebas dari objek-objek yang bisa menghambat proses penyelamatan,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Merasa sepi dan kosong, jadi dianggap aman. Padahal risiko bahayanya besar. Ketika area tersebut dijadikan sebagai tempat parkir, beristirahat, duduk-duduk, atau tempat foto, artinya sama saja dengan menjemput bahaya,” kata dia.

Maka dari itu, Sony menyarankan, pengendara motor harus bijaksana dalam memilih area yang aman untuk berhenti. Perlu diingat dan dipahami sekali lagi, bahwa jalur penyelamatan memang kosong, namun bukan tempat untuk berhenti.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/30/070200615/masih-ada-saja-pengendara-motor-bandel-yang-parkir-di-jalur-penyelamat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke