Salin Artikel

Pentingnya Edukasi Safety Riding Sejak Dini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor sudah menjadi alat transportasi bagi hampir semua kalangan. Untuk itu, edukasi keselamatan berlalu lintas wajib dipahami seluruh lapisan masyarakat.

Edukasi ini juga penting dikenalkan kepada anak di bawah umur, seperti Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) dan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma, mengatakan, pendidikan sejak dini kepada anak di bawah umur merupakan hal yang perlu dilakukan agar anak-anak sudah mendapatkan ilmu dan pemahaman melalui metode bermain dan belajar mengenai keselamatan berkendara sejak dini.

“DAM melalui tim Instruktur Safety Riding DAM juga secara rutin memberikan Pelatihan Safety Riding untuk anak di bawah umur,” ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Ludhy menambahkan, untuk menumbuhkan kesadaran mengenai keselamatan berkendara sejak dini, materi yang diberikan juga beragam.

"Materinya mulai dari pentingnya menggunakan helm dan jaket saat berkendara, cara dibonceng yang benar ketika menggunakan sepeda motor bersama orang tua, cara menyebrang di jalan raya, cara menggunakan sepeda yang aman, hingga memberikan edukasi kepada orang tuanya mengenai keselamatan berkendara," kata Ludhy.

Selain kesadaran mengenai keselamatan berkendara, anak-anak juga diberikan pengetahuan mengenai ilmu dasar rambu-rambu lalu lintas mulai dari warna, bentuk gambar, dan arti dari masing-masing rambu lalu lintas tersebut.

“Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan metode bermain sambil belajar kepada anak-anak, dengan demikian anak-anak akan lebih mengerti dan bersenang-senang bersama para instruktur yang mengajar,” ujar Ludhy.

Materi safety riding juga diberikan kepada anak-anak agar mengetahui bahwa dengan berkendara yang aman akan terlihat lebih keren, merasa nyaman, dan aman, ketika dibonceng oleh orang tua saat berpergian.

“Pendidikan sejak dini kepada anak-anak di bawah umur merupakan kunci utama terciptanya zero accident kelak di Indonesia, pendidikan mengenai keselamatan akan tertanam di dalam diri anak-anak dengan harapan akan diaplikasikan di kehidupan mereka kelak ketika mereka dewasa dan tetap cari aman ke mana pun ketika berkendara,” kata Ludhy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/10/114200715/pentingnya-edukasi-safety-riding-sejak-dini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.