Salin Artikel

Kenapa Harga Mobil Matik Lebih Mahal Ketimbang Mobil Manual?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada satu jenis model kendaraan biasanya harga jual terbagi dalam jenis varian dan jenis transmisi. Jika diperhatikan, transmisi otomatis cenderung memiliki harga jual yang lebih mahal ketimbang transmisi manual.

Semisal untuk produk Daihatsu Rocky. Jika membandingkan Rocky 1.2L varian M MT (Rp 185,8 juta) dengan varian M CVT (Rp 202,2 juta).

Dapat diketahui bahwa untuk jenis varian yang sama, namun berbeda jenis transmisi, harganya berselisih Rp 16,4 juta.

Sementara untuk Rocky 1.0L Turbo varian R TC MT (Rp 224,1 juta) dan RT TC CVT (Rp 237,9 juta), berselisih sekitar Rp 13,8 juta.

Artinya, untuk mobil bertransmisi manual dengan transmisi matik, harga jual bisa berselisih hingga belasan juta rupiah, minimal selisih Rp 10 juta rupiah.

“Kalau bicara harga jual secara umum, mobil matik memang lebih mahal ketimbang mobil manual,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, kepada Kompas.com (19/6/2021).

Menurut Supriyadi, jika dirunut dari komponennya, mobil matik mengusung teknologi yang lebih canggih. Sehingga dari sisi spare part cenderung lebih banyak ketimbang transmisi manual.

“Mobil matik kan lebih nyaman dibanding manual, biaya lebih nyamannya itu yang memang menjadi tambahan,” kata dia.

“Kalau bicara komponen, memang matik ada lebih banyak, single part transmisi matik itu banyak. Tapi sebenarnya yang dibayar pelanggan yaitu kenyamanan dan kemudahan,” tuturnya.

Apalagi untuk transmisi matik milik Rocky yang sudah mengusung Dual CVT. Untuk diketahui, transmisi ini merupakan transmisi CVT dengan teknologi mutakhir.

Di mana keunggulan transmisi berjenis torque converter dikombinasikan dengan kehalusan transmisi CVT.

“Saat mobil berjalan lambat di perkotaan, transmisi akan menggunakan belt CVT untuk menggerakkan mobil. Tapi ketika kencang, split gear akan bermain mulai kecepatan 60 kpj,” ucap Supriyadi.

“Sehingga gejala power loss pada transmisi CVT konvensional tidak ditemukan pada Rocky. Di kecepatan tinggi mobil tetap nyaman, minim noise, serta tetap efisien,” ujar dia.

Berikut ini perbanding harga mobil bertransmisi manual dan otomatis pada Daihatsu Rocky (Skema PPnBM 50 persen):

Transmisi Manual

Rocky 1.2L
M MT: Rp 185,8 juta
X MT: Rp 198,7 juta
ADS MT: Rp 206,7 juta

Rocky 1.0L Turbo
R TC MT Rp 224,1 juta
R TC MT ADS Rp 232,1 juta

Transmisi Otomatis

Rocky 1.2L
M CVT: Rp 202,2 juta
X CVT: Rp 215,1 juta
ADS CVT: Rp 223,1 juta

Rocky 1.0L Turbo
R TC CVT Rp 237,9 juta
R TC CVT ADS Rp 245,9 juta
R TC CVT ASA Rp 246,9 juta

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/20/070100515/kenapa-harga-mobil-matik-lebih-mahal-ketimbang-mobil-manual-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.