Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nissan Cefiro Jadi Mobil Balap Futuristik ala Pengepul Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas modifikasi Nissan Cefiro garapan Garasi Drift, kini kita beralih ke rivalnya yaitu Pengepul Mobil yang juga ikut serta dalam ajang Modz Battle.

Berbeda dengan Garasi Drift yang memilih mobil dengann kondisi 60 peren, Pengepul mobil justru memilih Nissan Cefiro dalam kondisi bahan.

Sejumlah sektor krusial pada mobil ini diketahui pernah terlibat insiden yang lumayan parah.

“Ini sebetulnya merupakan konsep kami, kalau ngebangun mobil yang sudah setengah jadi menjadi bagus itu sudah biasa. Jadi kita sengaja pilih mobill yang kondisinya hancur ini, dengan perhitungan mesin masih oke dan masih bisa dipakai internalnya,” ucap Jacki saat ditemui di Sirkuit Sentul, Selasa (13/4/2021).

Jacki mendapat unit ini dengan kisaran harga Rp 40 juta, dana yang tersisa akan digunakan untuk mamaksimalkan sejumlah ubahan terutama pada bagian eksterior dan mesin.

“Kita mengusung tema futurisktik tapi anggun untuk mobil ini. Desiannya dibuat cantik dengan striping two tone, jadi karakteristik mobil 90’an tetap ada di Cefiro ini” kata Jacki.

Bagian bodi dilapis menggunakan wrapping sticker Max Decal berwarna putih, sementara warna abu muda disematkan pada bumper depan, fender, dan bumper belakang.

Selain itu, stripe line shocking warna oranye disisipkan untuk menambah kesan retro pada mobil ini.

Paling menonjol dari Nissan Cefiro ini terletak pada bagian depan dan samping. Aura futuristik dari LED bar di bagian depan membentang namun tetap menyisipkan spion bawaan Cefiro agar identitas mobil tersebut tidak hilang.

Sementara pada bagian samping sudah menggunakan dikonversikan menjadi mobil dua pintu oleh pemilik mobil sebelumnya.

“Ketika saya dapat mobil ini, tampilan lampu depan dan pintunya memang sudah seperti itu. Saya hanya memanfaatkan barang yang ada saja,” kaya Jacki.

Sementara, pada sektor kaki-kaki, Jacki memberikan velg Project D-1 besutan Lenso dengan keunggulan bobot hanya sekitar 7 kilo. Mengusung spesifikasi struktur palang lima berukuran ring 18×8,5 dan et 35 berbalut ban Nankang spek 235/40 R18.

“Pertimbangannya, ada hot challange (dorong mobil), dan saya enggak mau dorong mobil terlalu berat. Itu kenapa saya pakai pelek ini,” ucapnya.

Masuk ke interior, meski hanya mengandalkan part terbatas, kesan mobil balap di Nissan Cefiro garapan Pengepul Mobil ini tetap terasa. Paling menonjol adalah dua buah bangku bucket seat dengan model berbeda.

“Bucket seat ini kita pakai punya Reagan, joknya memang berbeda. Paling penting tetap proper dan fungsional,” ucap Jacki.

Menariknya, Jacki menyematkan PDM Box, yang biasa dipakai oleh bus-bus pariwisata pada bagian interiornya.

“Karena sekringnya sudah by pass semua, mau tidak mau kita harus membuat saklar on off. Jadi untuk kipas, sistem bensinnya kita buat manual semua,” kata Jacki.

Pada sektor bagasi, Jacki memasang tangki bensin eksternal yang sudah dioptimalkan dan aki mobil yang dipindah dari ruang mesin.

Sementara untuk ruang mesin, Jacki masih mengandalkan RB25DET yang sudah digali ulang dan dipasang turbo berukuran besar.

“Seperti karakter Pengepul Mobil, ruang mesin Cefiro kini sudah di wiretuck dan menanam strut bar agar mobil dapat bermanuver tanpa kendala,” ujarnya.

Spesifikasi Modifikasi Nissan Cefiro Pengepul Mobil:

Eksterior
-Convert 2 doors
-Custom fiber bodykit (bumper,side skirt , over fender,ducktail)
-Led light bar
-Acrylic window
-Custom decal maxdecal

Interior
-6 point roll bar
-Bucket seat
-4 point harness
-Custom alumunium dashboard
-Custom hydraulic e-brake
-Custom pdm
-Dash logger

Engine
-RB25DET stock
-Turbo garret
-Radiator alumunium
-Custom intercooler
-Custom piping
-Ecu megasquirt

Footwork
-18" lenso lightweight rims
-Nankang ar1 tires
-Coilover
-LSD
-Custom knuckle
-Custom steering rack
-Custom adjustable arm

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/15/161100315/nissan-cefiro-jadi-mobil-balap-futuristik-ala-pengepul-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke