Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Impresi Jiwa Sporty Terekam di Desain Honda City Hatchback RS

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengambil langkah mengejutkan pada awal tahun ini melalui kabar berhentinya produksi Honda Jazz di Tanah Air, seiring dengan putusan prinsipal.

Meski demikian, posisi mobil perkotaan alias city car tidak ditinggalkan begitu saja. Kini, telah diluncurkan Honda City Hatchback RS yang tak kalah menariknya dari Jazz.

Bahkan, pihak agen pemegang merek mengklaim mobil baru tersebut memiliki karakter terbaik bagi masyarakat untuk sebuah hatchback karena tampil lebih sporty, lekukannya modern, hingga pengendalian mantap.

Nah, buat yang penasaran kita coba bahas mulai dari sektor depan hingga belakang dari City Hatchback RS. Apakah bisa gantikan Jazz yang sudah eksis sejak 2004?

Pada tampilan depan, mobil nampak agresif dengan penataan lampu utama menyipit disertai aksen-aksen hitam yang menjorok hingga ke bagian grill bergaya honeycomb.

Hal serupa juga disematkan di bagian bemper depan mobil dan rumah lampu kabut, sehingga nuansa sporty mobil sangat terasa. Apalagi, di beberapa detil terdapat aksen karbon.

Untuk diketahui, mobil telah dibenamkan lampu Full LED Headlight with Daytime Running Light (DRL), LED Foglight dan Rear Combi Light with LED light bars.

Tak sampai di sana, permainan warna hitam juga diberikan di bagian samping mobil guna mengentalkan nuansa yang lebih agresif. Anda dapat melihatnya di belakang kaca spion, sekitar kaca, sampai pelek.

Benar, City Hatchback RS menggunakan pelek berbeda dengan ukuran 16 inchi berwarna hitam. Jadi, karakter sporty semakin kental tak seperti Jazz yang sedikit terdapat nuansa elegannya.

Berpindah ke sektor belakang, kesan menarik langsung timbul di benak. Sebab, mobil ternyata tidak hanya dihilangkan saja bokongnya dari yang model sedan tapi terdapat beberapa penyesuaian baru.

Di antaranya, desain lampu dan tarikan garis untuk ruang bagasi, serta bemper berwarna hitam dengan corak karbon dan honeycomb. Lalu, mata kucing yang diberikan juga cukup sederhana tapi tidak membiaskan aura sporty.

Desain lampu City Hatchback RS sangat menarik, karena pipih dan menjorok ke pilar C mobil. Kemudian, tarikan garis lampu utamanya terpisah oleh bagasi tetapi secara fungsi masih menyatu.

Guna menambah kesan sporty, spoiler belakang mobil juga diwarnai hitam, termasuk pada sisi-sisi defogernya. Tak lupa, ada shark fin antenna yang berwarna hitam pula.

Soal dimensi, City Hatchback RS memiliki luas yang lebih besar dibandingkan Jazz sekitar 350 mm. Rinciannya, panjang mobil 4.349 mm, lebar 1.748 mm, dan tinggi 1.488 mm, serta sumbu roda 2.589 mm.

Sedangkan Jazz memiliki dimensi panjang 3.955 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm, dan jarak sumbu roda 2.530 mm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/14/124100915/impresi-jiwa-sporty-terekam-di-desain-honda-city-hatchback-rs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke