Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Mobil Toyota yang Bisa Menikmati Insentif Pajak 0 Persen, Termasuk Raize

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang hendak membeli mobil Toyota, bisa menikmati insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) 0 persen, mulai 1 Maret 2021. Namun, tidak untuk semua model, karena hanya mobil tertentu yang sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Salah syaratnya, yakni model tersebut memiliki kandungan komponen lokal 70 persen. Insentif ini juga hanya bisa dinikmati oleh mobil dengan kubikasi mesin 1.500 cc ke bawah, termasuk di dalamnya kategori sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyatakan, kendaraan yang bisa menikmati insentif ini harus memenuhi kandungan komponen buatan lokal.

"Harus memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) yang meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen," tulis aturan tersebut, yang diundangkan, Jumat (26/2/2021).

Total terdapat 115 jenis komponen yang bisa masuk dalam perhitungan kandungan lokal, sesuai bleid yang keluar.

Berikut model Toyota yang bisa menikmati insentif PPnBM 0 persen mulai Maret 2021 hingga tiga bulan ke depan

TOYOTA

Yaris

Vios

Sienta

Avanza

Rush, dan

Raize

Diskon pajak sebesar 100 persen dari tarif normal akan diberikan pada tiga bulan pertama, 50 persen dari tarif normal pada tiga bulan berikutnya, dan 25 persen dari tarif normal pada tahap ketiga untuk empat bulan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/27/112200215/daftar-mobil-toyota-yang-bisa-menikmati-insentif-pajak-0-persen-termasuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke