Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lupakan Cek Kondisi Karet Wiper Saat Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Indonesia mulai sering turun hujan. Air hujan yang membasahi kaca depan saat mengendarai mobil tentu akan mengganggu visibilitas.

Untuk itu, dibutuhkan wiper untuk menyapu air tersebut. Maka dari itu, peran wiper begitu penting untuk membantu visibilitas selama berkendara.

Dengan posisinya yang berada di ruang terbuka dan terkena perubahan cuaca, karet bisa saja berubah menjadi getas atau keras. Jika sudah begitu, kerjanya tidak akan maksimal lagi.

Deni Andrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, mengatakan, paling mudah melihat kondisi wiper ketika sapuan dari wiper tersebut tidak seperti biasa. Dengan kata lain, harus sudah mulai diganti dengan yang baru, agar fungsinya menjadi maksimal lagi.

"Kalau dibilang daya tahannya sampai berapa lama, tergantung dari kondisi atau pemakaian," ujar Deni ketika dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Deni menjelaskan, karet wiper akan lebih cepat getas jika mobil tersebut sering melewati jalan yang berdebu atau dingin, seperti di dataran tinggi. Sebab, ketika digunakan menyapu air, debu atau serangga yang menempel di kaca ikut tersapu.

"Otomatis itu akan lebih cepat dari biasanya. Tetapi, kalau normalnya bisa sampai enam bulan bahkan lebih, tergantung pemakaian," kata dia.

Demi keamanan dan kenyamanan saat di perjalanan, disarankan buat pemilik mobil untuk rajin mengecek kondisi karet wiper. Apabila sudah getas, sebaiknya lekas diganti dengan yang baru.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/02/122200515/jangan-lupakan-cek-kondisi-karet-wiper-saat-musim-hujan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.