Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Air Buangan AC Bagus untuk Radiator, Mitos atau Fakta?

SOLO, KOMPAS.com - Kinerja radiator pada mobil tidak terlepas dari kualitas cairan yang digunakannya. Biasanya, menggunakan coolant sesuai dengan rekomendasi peodusen mobil itu sendiri.

Tetapi, untuk kendaraan lawas yang usianya sudah lebih dari 10 tahun kadang sudah tidak lagi menggunakan cairan tersebut.

Sebagai gantinya, banyak pemilik mobil yang menggunakan air mineral, air matang dan juga air hasil buangan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

Banyak yang percaya bahwa air hasil dari proses kondensasi AC tersebut bagus untuk radiator. Hal ini karena air buangan AC tidak menyebabkan terjadinya kerak pada radiator sehingga tidak akan menyumbat salurannya.

Benarkah, air buangan AC di rumah bagus untuk radiator? Menanggapi hal tersebut, pemilik bengkel spesialis radiator “Pak Bambang” Solo, Jawa Tengah (Jateng) Prayoga Angga (30) mengatakan, kualitas air buangan AC memang lebih baik dibandingkan dengan cairan lainnya.

Termasuk air mineral atau pun air yang sudah dimatangkan. Yoga begitu ia akrab disapa menambahkan, selama ini sudah banyak pelanggannya yang sudah membuktikan hal itu.

“Banyak pelanggan yang sudah menggunakan air AC untuk radiator dan hasilnya juga bagus. Saya pun menyarankan itu bagi pemilik mobil yang tidak menggunakan coolant,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Yoga mengatakan, air hasil kondensasi ini tidak mengandung mineral. Oleh sebab itulah, saat air ini mendidih tidak akan menyebabkan munculnya kerak pada radiator.

“Air AC ini tidak seperti air mineral atau air rebusan, saat air mendidih tidak akan menimbulkan kerak yang bisa menyumbat saluran atau pipa kapiler,” ucapnya.

Selain itu, Yoga juga mengatakan, air AC juga lebih cepat dingin dibandingkan dengan air mineral atau pun rebusan.

Yoga juga menyarankan pemilik mobil agar menghindari menggunakan air mineral untuk pasokan air radiator karena bisa menyebabkan timbulnya kerak.

“Jangan menggunakan air mineral, kalau terpaksa pakai air rebusan biarkan air itu dingin dengan sendirinya dulu jangan didinginkan dengan cara dimasukkan ke dalam lemari es,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/19/090400015/air-buangan-ac-bagus-untuk-radiator-mitos-atau-fakta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke