Salin Artikel

Corona Menyebar di Udara, Wajib Rutin Bersihkan Interior Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berada di ruangan tertutup atau berada di dalam interior mobil, Anda harus lebih waspada dengan penyebaran Covid-19. Pasalnya virus corona diketahui bisa menyebar lewat udara.

Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Gugus Tugas Covid-19, mengatakan, droplet ukuran kecil bisa bertahan lama di sebuah ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara.

“Oleh karena itu upayakan di semua ruang kerja kita, dijamin sirkulasi udaranya berlangsung baik. Sehingga setiap saat udara bisa digantikan dengan udara baru yang lebih segar," ucap Yuri, dalam konferensi virtual belum lama ini.

Salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona di interior mobil, yakni dengan rutin membersihkan mobil.

Anda bisa membersihkan secara berkala beberapa bagian yang berpotensi jadi tempat menempelnya droplet, seperti di setir, dasbor, door trim, handle pintu, jok mobil, hingga karpet.

Christopher Sebastian, CEO Topcoat Indonesia, mengatakan, agar kebersihkan udara di interior tetap terjaga Anda harus membersihkan karpet secara teratur.

Sebab, bersihnya karpet dapat mempengaruhi kesegaran sirkulasi udara di interior. Karpet yang kotor dan penuh debu, secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan orang-orang yang berada di dalam.

“Terlebih lagi jika mobil menggunakan AC, karena AC mengambil udara dari bawah dasbor,” ujar Christopher, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Christopher juga mengatakan, Anda bisa mengeluarkan seluruh karpet dan membersihkannya dengan menggunakan mesin penyedot debu.

“Bersihkan juga bagian dek mobil dan sela-sela di interior, pakai vacuum cleaner dengan moncong yang ukurannya lebih kecil agar lebih mudah,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/13/111200415/corona-menyebar-di-udara-wajib-rutin-bersihkan-interior-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.