Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantau Ketebalan Kampas Rem Mobil dari Rem Tangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem menjadi salah satu komponen yang paing vital pada kendaraan. Untuk itu, penting melakukan pengecekan ketebalan kampas rem.

Sebab, kampas rem yang sudah tipis biasanya membuat pengereman menjadi tidak maksimal. Selain itu, akan sangat berbahaya jika di tengah perjalanan kampas rem menjadi habis.

Berbeda dengan motor, kampas rem pada mobil mungkin lebih sulit untuk dilihat ketebalannya. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memantau ketebalan kampas rem.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, mengatakan, sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi kampas rem mobil, bahkan tanpa harus membongkarnya lebih dulu.

"Cara paling gampang dengan membedakan tarikan tuas. Biasanya pengaturan dari pabrikan itu mulai dari lima sampai tujuh klik. Nah, kalau sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi, bisa langsung dicek untuk memastikan kondisi rem," kata Anjar, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anjar menambahkan, selain karena kampas rem yang sudah menipis, biasanya yang membuat tarikan rem tangan berubah disebabkan dari kondisi rem kotor. Dalam kondisi tersebut, otomatis jalur kabel atau sling rem juga ikut tersumbat.

"Kalau tersumbat saat mau menurunkan tuas juga sedikit susah. Memang jarang yang perhatikan, tapi baiknya bila sudah mengalami gejala tersebut segera melakukan perawatan. Umumnya akan dicek, kemudian pembersihan, sampai menyetel ulang kembali bila memang kondisi kampas masih normal," ujar Anjar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/08/184100415/pantau-ketebalan-kampas-rem-mobil-dari-rem-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke