Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha XS 650 "Brong-brong" Sang Jawara Modifikasi

Menggunakan basis Yamaha XS 650 lansiran 1982, Denny merancang bangun semuanya benar-benar dari nol. Bahkan dia mengaku hanya bermodalkan mesin tanpa ada rangka atau pun komponen lainnya saat awal menggarap.

"Saat awal beli motor ini yang cuma mesinnya saja, sama sekali tak bertua alias tidak ada rangka dan lainnya. Jadi semua ini saya kerjakan dari bawah, mulai bikin frame, kustom jok, rebuild mesin, kaki-kaki, hampir 90 persen lah, karena modal mesin saja," kata Denny saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/10/2018).

Butuh waktu hampir dua tahun bagi Denny membangun motor yang dijuluki "Brong-brong" ini. Semua pengerjaan dan konsep dirancang lebih detail, bahkan dalam prosesnya sempat beberapa kali sampai melakukan beberapa perubahan sebelum akhirnya dia menetapkan gaya Bobber Chopper.

Ketika sudah puas, baru dia memulai proses rancang bangun. Menurut Denny, pengerjaan paling menyita waktu adalah saat membuat sasis dan ketika melakukan sentuhan akhir.

Agar tetap nyaman dikendarai, dia mengambil konsep frame riggd ala hard trail yang tanpa ada suspensi di bagian belakang. Setelah rangka selesai, Denny mengaku mulai melakukan kustom sendiri pada sektor lainnya.

"Sasis itu ada yang mengerjakan, setelah jadi, sektor lain saya kerjakan sendiri. Mulai kustom tangki, jok, kemudi, kaki-kaki. Terakhir saat finishing, mulai dari krom sampai detail engraving itu juga cukup lama, karena harus beberapa kali diulang agar sempurna," ucap Denny.

Pada bagian depan, Denny menyematkan suspensi milik Kawasaki W650 yang kemudian disandingkan dengan pelek bersimensi 21 inci dan tromol yang mengambil dari Honda CBX550. Tidak serta merta hanya meyematkan, teromol tersebut juga ikut di kustom dengan sentuhan seni bermotif khas Jawa.

Dengan kemengan ganda, yakni The Best Surabaya dan The Greates Bike Suryanation, Yamaha XS 650 karya Denny mendapat tiket untuk berkompetisi pada ajang Custombike-Show di kota Bad Salzuflen, Jerman, pada 2019 mendatang.


https://otomotif.kompas.com/read/2018/10/03/092200615/yamaha-xs-650-brong-brong-sang-jawara-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke