Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Sokon Saingi Daihatsu Gran Max dan Suzuki Carry

Kompas.com - 10/07/2017, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Daya tarik Indonesia rupanya masih kuat bagi para produsen mobil. Setelah Wuling, kini PT Sokonindo Automobil pemegang merek DFSK yang merupakan produsen asal China ikut meramaikan pasar mobil Tanah Air.

Tidak seperti Wuling, sebagai langkah awal Sokon memilih memasarkan kendaraan niaga dengan jenis pikap bernama Super Cab. Bahkan untuk menyuguhkan sajian berbeda, Sokon langung meluncurkannya dalam dua pilihan mesin, yakni 1.500 bensin dan 1.300 turbo diesel.

Baca : Usai Pikap, Sokon Siapkan Model SUV

Meski menarik, namun apa kelebihan Sokon untuk bersaing di segmen pikap. Mengingat, secara mesin Super Cab 1.5L Sokon akan bersaing dengan beberapa kompetitor, seperti Suzuki Mega Carry dan Daihatsu Gran Max.

Menjawab hal ini, Du Xian Jun, Marketing General Manager PT Sokonindo Automobile, menjelaskan produknya punya beberapa keunggulan untuk bersaing dengan kompetitornya.

"Harga kami lebih rendah dari pikap yang sudah ada. Super Cab juga unggul di kabin dan mesin," kata Du Xian menjawab pertannyaan wartawan di Jakarta Fair Kemayoran, Sabtu (8/7/2017).

Secara dimensi, Super Cab memiliki panjang 4.280 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.890 mm dan sumbu roda 2.750. Sedangkan ruang kargonya memiliki panjang 2,5 meter yang diklaim dapat mengangkut banyak barang bawaan.

Sokonindo Super Cab Sokonindo Super Cab

Dibandingkan dengan Grand Max yang memiliki panjang hanya 4.195 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.850 mm, Super Cab lebih unggul. Begitu juga dengan Suzuki Carry pikap maupun Suzuki Mega Carry, Dimensi Sokon Super Cab lebih luas.

Baca : Sokon "Pede" Bisa Laris di Indonesia

Untuk kedua mesin yang di tawarkan Sokon memiliki tenaga yang berbeda. Mesin 1.5L mampu menawarkan tenaga 75 PS dan torsi 140 Nm dengan daya angkut 1.270 kg. Sementara mesin 1.3L turbodiesel memiliki tenaga 55 PS, torsi 190 Nm, dan kemampuan angkut yang lebih besar dari varian bensin, yakni 1.450 kg.

Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia. Mesin diesel 1.3L pikap Sokon import dari Italia.

Mesin diesel Sokon diimpor dari Italia, merupakan mesin buatan Fiat. Secara standarisasi, mesin ini pun sudah mengikuti standar Euro IV namun dibuat khusus untuk menyesuaikan penggunaan pasar Indonesia.

"Mesin bensin kami sudah standar Euro V dan yang diesel Euro IV. Hal ini juga menjadi salah satu nilai lebih yang kami tawarkan untuk konsumen karena cukup ramah lingkungan," ucap Du Xian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com