Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Pikap, Sokon Siapkan Model SUV

Kompas.com - 09/07/2017, 11:35 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selain Wuling, PT Sokonindo Automobile yang juga merupakan produsen mobil asal China resmi memulai penjualannya di Indonesia. Sebagai langkah awal, Sokon lebih memilih bermain di segmen niaga melalui pikap Super Cab.

Namun pada 2018 nanti, Sokon berencana untuk memproduski dan mamasarkan sebuah SUV di Indonesia. Rencananya SUV tersebut akan memiliki kapasitas tujuh penumpang, dan akan menjadi model awal Sokon bersaing di segmen kendaraan penumpang.

"Tahun depan kita pasarkan SUV tujuh penumpang, mobil ini sudah ada di China dan jadi model terlaris kami," kata Marketing General Manager Sokonindo Automobile Du Xian Jun, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (8/7/2017).

Baca : Sepasang "Pikap China" Coba Peruntungan di Indonesia

Diketahui, SUV tujuh penumpang yang dimaksud adalah Sokon Glory 580. Model ini memang menjadi salah satu best seller Sokon di negara asalnya meski baru satu tahun meluncur.

Secara tampang, Sokon Glory 580 atau dikenal juga dengan nama Dongfeng Fengguang rupanya memiliki kesan yang modern melalui karakteristik desain ala SUV Eropa. Sekilas, siluet bodinya senada dengan SUV 7 seater asal Jepang, seperti Honda CR-V atau Nissan X-Trail.

Sokon Glory  580en.wheelsage.org Sokon Glory 580

Secara spesifikasi, Du Xian, menjelaskan bahwa nantinya SUV ini akan dilengkapi dengan mesin bensin berkubikasi 1.500 cc. Sementara sistem transmisinya akan hadir dengan dua pilihan, yakni manual dan otomatis.

Bila melihat dari spesifikasi di China, Glory 580 memang di sokong dengan mesin 1.500 cc, namun ditambah dengan turbocharged yang memiliki teanga sebesar 150 tk. Sedangkan transmisinya mengaplikasi enam percepatan manual dan matik.

"Tidak berbeda dengan yang sudah dipasarkan di China, hanya saya yang di sana pakai setir kiri, nanti saat diproduksi di sini akan pindah ke kanan. Untuk harga sekitar Rp 280 jutaan," ucap Du Xian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com