Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menapa Honda Civic Type R Hanya Manual?

Kompas.com - 06/07/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah meluruskan pertanyaan-pertanyaan soal tiga pipa knalpot dimiliki Civic Type R, Honda kembali mengungkapkan alasan, terkait langkah mereka mengembangkan dan menghadirkan secara eksklusif model ini dengan transmisi manual enam percepatan.

Jawaban ini dipaparkan oleh Yuji Matsumochi, Assistant Large Project Leader untuk Generasi ke-10 Civic, dalam peluncuran internasional.

"Kami hanya memproduksi transmisi manual enam percepatan hanya untuk Tipe R, karena powertrain kami telah mencapai 400Nm dan 320 atau 310 PS, jadi performanya juga besar,” ucap Matsumochi, mengutip Carscoops, Rabu (5/7/2017).

"Tipe R membutuhkan powertrain ringan karena menggunakan penggerak roda depan, dan juga memerlukan sistem powertrain yang enteng. Jadi, jika mesinnya sedikit berat, seharusnya sisi transmisinya harus lebih ringan,” kata Matsumochi.

“Sementara, jika kami menerapkan transmisi otomatis atau transmisi dual-clutch, untuk mesin 400Nm, bobot (transmisi otomatis) akan sangat berat dan besar. Bobot depan akan sangat berat," ujar Matsumochi.

Pada beberapa tahun terakhir, pertempuran segmen hot-hatch telah bergeser dari penggerak roda depan dan manual, ke all-wheel drive dan dual-clutch. Sementara itu beberapa juga masih menawarkan stick-shift (seperti Focus RS dan VW Golf R). Jadi bisa dibilang, penggerak roda depan untuk segmen “hot hatches” tergolong sekarat.

Jika melihat arena ini, bisa jadi juga Civic Type R kemungkinan sulit bisa bersaing dengan pesaingnya. Namun, ulasan pihak Honda mengindikasikan bahwa Civic menawarkan pengalaman berkendara yang tidak sama seperti rivalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com