Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madiun-Yogya, Grand Livina Cuma Tenggak Bensin 7 Liter

Kompas.com - 06/05/2017, 07:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) terus mencari cara supaya model lawasnya, Grand Livina tetap membahana di benak calon konsumen. Kali ini, Nissan mencoba membuktikan kalau multi purpose vehicle (MPV) andalannya irit, dengan pembuktian melaju Bandung-Jakarta hanya dengan 7 liter bensin, ajang yang sama kembali digelar meski dengan rute lain.

NMI menggeser arena pembuktian di Jawa Tengah, dengan membawa Grand Livina melaju dari Madiun ke Yogyakarta berjarak 160 km, berbekal bensin yang sama, hanya 7 liter (dihitung dari kosong).

Jalur ini dipilih karena situasinya menantang, peserta harus melewati lalu lintas padat dengan truk dan bus antar kota, sepeda motor, dan kondisi permukaan jalan yang sempit dan tidak rata.

Jika rute Bandung-Jakarta didapati angka konsumsi bahan bakar tertinggi 30,3 kpl, dalam rute ini Grand Livina cuma mampu mencapai rekor konsumsi bahan bakar 25 kpl.

NMI mengklaim bahwa hasil ini berkat manfaat nyata teknologi Nissan Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission), yaitu transmisi otomatis tanpa menggunakan roda gigi, yang tersemat pada model Grand Livina, sebagai salah satu contoh dari teknologi Nissan Intelligent Mobility.

”Xtronic CVT memberikan kontribusi signifikan kepada efisiensi, menciptakan keseimbangan optimal antara tenaga yang dihasilkan dan konsumsi bahan bakar. Ini menjadi salah satu contoh dari banyak teknologi dengan visi Nissan Intelligent Mobility yang memberikan manfaat nyata bagi konsumen,” ujar Vice President Sales & Marketing NMI, Davy J Tuilan.

Meski jalur yang dilalui sangat padat, peserta menerapkan metoda berkendara eco-driving. Kombinasi jalur tanjakan dan turunan di beberapa titik memaksa peserta mengatur pedal gas dengan lebih ”bijaksana”.

Konsumsi bahan bakar paling efisien dalam tantangan kali ini tercatat sebesar 25,3 kpl, berdasarkan Multi Information Display (MID) yang sebelumnya telah dikalibrasi pada awal kompetisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com