Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Suzuki dan Aprilia Juga Pakai ”Hidden Winglet”

Kompas.com - 17/02/2017, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Phillip Island – Berbagai merek berusaha cari celah ”mengakali” pelarangan penggunaan winglet mulai musim MotoGP 2017. Yamaha duluan, menyembunyikan komponen aerodinamika itu di balik fairing pada tes perdana beberapa waktu lalu di Sepang. Menyusul, Aprilia dan Suzuki!

Pada tes resmi kedua hari pertama musim ini di Phillip Island Australia, (15/2/2017), Aprilia mulai berani menampilkan inovasi pengganti winglet.

Baca: Begini Trik Tim Yamaha Akali ?Winglet? yang Dilarang

Pada dasarnya seperti apa yang dilakukan Yamaha. Aprilia mengalirkan udara lewat bagian tambahan pada fairing. Bedanya, jika Yamaha terletak persis di samping bagian dalam, punya Aprilia lebih diposisikan ke atas di bawah handlebar, dengan penampang lebih besar.

crash.net Aprilia juga menunjukkan desain fairing baru yang sudah terintegrasi dengan winglet.
Hasil akhirnya, jika Yamaha tampak punya fairing yang ”normal” karena posisi hidden winglet tak kelihatan, punya Aprilia lebih terekspos dengan bentukan fairing bagian depan yang agak aneh.

Suzuki
Pada hari kedua tes, (16/2/2017), Suzuki menyusul untuk memamerkan winglet tersembunyi. Desain milik Suzuki mirip Yamaha, ”menyimpan” sirip winglet di balik fairing samping. Penampangnya lebih lebar ketimbang milik Yamaha. Namun posisinya, mirip punya Aprilia yang lebih ke atas.

Ketika Yamaha, Suzuki, dan Aprilia sudah bersusah-payah mempertahankan winglet setelah dilarang, artinya bahwa komponen ini dianggap begitu berpengaruh terhadap performa laju.

Menarik untuk menyimak bagaimana evolusi kendaraan Honda, Ducati, dan KTM yang belum juga menunjukkan desain fairing baru. Masih ada waktu hari ketiga di Australia, dan tiga malam di Qatar sebelum memulai musim 2017 Maret mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com