Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Lorenzo soal Tunggangi Ducati Tanpa "Winglet"

Kompas.com - 02/02/2017, 15:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Jorge Lorenzo, pebalap baru Ducati pada 2017, mengungkapkan perbedaan kesan berkendaranya ketika menggunakan winglet dan tidak. Seperti pada tes di Sepang awal minggu ini, pada motornya, sudah tidak lagi dipasang sayap tambahan.

"Pada saat tes dua hari di Valencia, saya menggunakan winglet. Namun, tiga bulan kemudian, saya tes di Sepang tanpa menggunakan komponen tambahan itu," ujar Lorenzo dalam acara temu media bersama Shell di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2017).

Lorenzo mengatakan, jika tanpa winglet, sebenarnya sepeda motor Ducati terasa lebih berbeda, seperti lebih kencang. Namun, itu kemudian menimbulkan sedikit masalah.

"Cuma pada kenyataannya itu membuat saya kesulitan dalam mengontrol motornya, ditambah lagi faktor trek dan cuaca. Tanpa winglet sebenarnya bagus, tetapi kami kehilangan beberapa aspek yang ada pada sayap tersebut," ujar Lorenzo.

"Terkait dengan tes di Sepang, semua yang dialami itu memberikan hasil positif untuk kami. Ini akan menjadi lebih bagus ke depannya," ucapnya.

Tim Ducati diklaim menjadi yang pertama kali mengembangkan winglet pada 2015 lalu di Sirkuit Qatar. Itu ternyata memberikan hasil yang baik dan keberhasilan itu diikuti oleh tim lain yang akhirnya menggunakan winglet pada musim berikutnya, 2016.

Pada hari pertama tes Sepang, Lorenzo harus puas berada di posisi ke-17 dengan perolehan 2 menit 1,349 detik. Sementara itu, pada hari kedua, dia berhasil merangsek ke posisi kedelapan, 2 menit 0,484 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com