Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Iriz "Banjir" Fitur Keselamatan

Kompas.com - 10/02/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Proton Indonesia memboyong citycar terbaru, Iriz 1.3L untuk Indonesia. Moedl baru ini diharapkan jadi momentum baru kebangkitan merek asal Malaysia ini di pasar otomotif Tanah Air.

Mobil yang sempat dijajal Presiden Joko Widodo ini, pertama kali diperkenalkan Proton di Malaysia pada 2015. Iriz ternyata memiliki beberapa keunggulan, salah satunya melimpahnya fitur keselamatan. Bahkan beberapa fitur biasanya hanya ditawarkan pada merek-merek premium.

Selain airbag dan anti-lock braking system (ABS), fitur keselamatan aktif lain, adalah Electronic Stability Control (ESC). Fungsinya, membuat mobil tetap stabil ketika menikung. Terutama ketika mobil skid (tergelincir), disebabkan oleh pergerakan kemudi secara tiba-tiba atau kondisi permukaan jalan.

“Jadi ESC ini bisa membantu pengemudi untuk bisa menguasai kendaraan, terutama dalam situasi tersebut,” ujar Shahrul Nizam Bin Abdullah, Section Manager, Product Development, Product Strategy Division Proton, Kamis (9/2/2017).

Lalu ada Traction Control System (TCS), berfungsi mencegah roda mobil kehilangan traksi, atau mereduksi slip pada ban. Fitur keselamatan ketiga, Electronic Brake Distribution (EBD), untuk memastikan rem bekerja efektif, sehingga memperpendek jarak pengereman.

Belum habis, masih adaBrake Assist (BA) yang mendukung pengemudi mencapai kemungkinan jarak terpendek untuk berhenti, dalam situasi rem mendadak. Kemudian, ada Hill Hold Assist (HHA), berfungsi mencegah kendaraan mundur atau turun ketika ada pada jalan terjal.

Selanjutnya, ada Isofix, sensor parkir mundur, whiplash protection headrest (mencegah salah urat pada leher), serta Impact Sensing Door Unlock (terbukanya kunci pintu mobil secara otomatis, ketika mobil mengalami tabrakan.  

Kenyataannya, teknologi tersebut biasanya berbanding lurus dengan harga jual. Namun, pihak Proton mengatakan, harganya diharap bisa berkisar di bawah Rp 200 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com