Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jagoan Baru Mobil Kota Proton, Penantang Sirion

Kompas.com - 09/02/2017, 15:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Sebelum dilucurkan secara resmi pada 18 Februari 2017, di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta, Proton Edar Indonesia memperkenalkan produk barunya Iriz, di Sentul, Jawa Barat, Kamis (9/2/2017).

Shahidin Sahamid, Regional Head ASEAN, International Sales Division Proton Holding mengatakan, kalau model baru ini bakal menantang Daihatsu Sirion dan Honda Jazz. Di Malaysia, model ini masuk kategori segmen B.

“Kami akan meluncurkan model ini secara resmi sekitar dua pekan lagi, varian yang saat ini diperkenalkan baru yang jenis 1.3L. Menggendong mesin VVT, dengan tenaga yang dikeluarkan mencapai 94tk dan torsi 120 Nm,” ujar Shahidin, Kamis (9/2/2017).

Ghulam/KompasOtomotif Proton Iriz 1.3L.

Shahidin menambahkan, model ini didesain dan dikembangkan oleh in-house sendiri, dengan bertukar teknologi bersama Lotus, merek mobil sport milik Proton di Inggris. Dibanding dengan merk lain di kelas yang sama, Iriz di klaim memiliki banyak keunggulan.

“Lebih dari itu, Iriz juga sudah mendapatkan rating bintang lima dari Asian NCAP dalam tes tabrak. Ini cukup menarik, karena untuk B-Segmen, jarang sekali ada yang mendapat rating bintang lima,” ujar Shahidin.

Di Malaysia, Iriz 1.3L diluncurkan perdana pada 2015, berselang satu tahun dari versi 1.6L-nya. Untuk pasar Asia, Indonesia menjadi negara ketiga yang kedatangan produk ini, setelah Brunei Darussalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com