Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Malaysia Umumkan Mitra Barunya April

Kompas.com - 30/01/2017, 15:57 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Dari lima merek mobil asing yang tertarik menyokong Proton di September 2016 kali ini hanya tersisa tiga (PSA Group Peugeot, Renault, dan Suzuki). Merek asal Malaysia sudah tidak lagi tanpa subsidi pemerintahnya dan diharapkan mendapat mitra asing baru.

Mengutip Paultan, Minggu (29/1/2017) Proton bakal mempublikasikan mitra strategis asing baru tersebut pada April 2017. Meskipun ada kemungkinan kalau pengumuman ini bisa mundur sampai akhir Juni 2017.

Datuk Ahmad Fuaad Kenali, Proton CEO mengatakan, merek mobil nasionalnya  mengharapkan untuk menerima proposal lengkap dari pihak yang berkepentingan (mitra-mitra baru) pada Februari 2017, dan akan merilis pasangan barunya setelah pembeli dipilih.

Baca juga : Lima Merek Tertarik Menyelamatkan Proton

"Ini adalah transaksi yang rumit untuk industri yang juga kompleks, sehingga hal ini pasti akan memakan waktu. Setelah proposal, produsen mobil ini masih harus melakukan banyak klarifikasi dan evaluasi,” ujar Ahmad Fuaad.

"Mungkin ada negosiasi lebih lanjut sebelum kesimpulan, tapi mudah-mudahan penandatanganan dapat dilakukan sebelum akhir semester pertama tahun ini," tutur Ahmad Fuaad. Kesepakatan pembelian Proton yang merupakan grup, berarti termasuk Lotus Group (produsen mobil sport Inggris), unit yang dimiliki sepenuhnya oleh Proton.

Ahmad Fuaad menegaskan bahwa ada tiga perusahaan asing yang masuk dalam daftar mitra strategis, yang semuanya sedang melakukan proses sampai saat ini dengan Proton. Namun dirinya menolak untuk mengungkapkan trio mobil tersebut. Laporan sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa ketiga merek tersebut di antaranya PSA Group, Renault dan Suzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com