Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Pikap Mini Pecah antara Hi-Max dan Ace Ex2

Kompas.com - 11/11/2016, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – SebelumAstra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan pikap kecil Hi-Max, di Jakarta, Kamis (10/11/2016), Tata Motors Distribusi Indonesia sudah duluan menjual model sejenis, Ace EX2. Walau bisa dikatakan masuk kelas yang sama, secara alami kedua model ini menawarkan banyak hal yang berbeda.

Sebagai awalan, Hi-Max bermesin bensin 3-silinder 1.0L yang sama seperti Ayla. Sedangkan Ace EX2 mengendong mesin diesel 2-silinder 702cc. Persamaan dari segi teknis ini yakni keduanya hanya dilengkapi satu pilihan transmisi, manual 5-percepatan. Poin lebih Ace EX2 mempunyai micro hybrid start-stop.

Febri Ardani?KompasOtomotif Warna baru Tata Ace EX2, biru.
Panjang Ace EX2 3,8 m, lebar 1,5 m, tinggi 1,861 m, serta wheelbase 2,1 m. Hi-Max berukuran lebih kecil, panjangnya 3,395 m, lebar 1,475 m, tinggi 1,77 m, dan wheelbase 1,9 m. Perbedaan jauh dari dilihat dari spesifikasi radius putar, Ace EX2 8,6 m sedangkan Hi-Max cuma setengahnya yakni 4 m.

Kedua model ini sama-sama diklaim sanggup mengangkut beban hingga 1 ton. Ace EX2 didukung bak berukuran panjang 2,14 m, lebar 1,43 m, dan tinggi 0,3 m, sedangkan Hi-Max lebih ringkas yakni panjang 1,935 m, lebar 1,395 m, dan tinggi 0,285 m.

Dari sisi pengoperasian, setir Ace EX2 belum menggunakan power steering sedangkan Daihatsu menyematkannya pada varian tertinggi Hi-Max. Bedanya lagi, suspensi depan dan belakang Ace EX2 memakai per daun. Sementara itu Hi-Max menggunakan MacPerson di bagian depan dan per daun di belakang.

Pihak ADM menjelaskan Hi-Max bukan ditujukan bersaing dengan sepeda motor roda tiga. Tidak ada komentar dari Direktur Pemasaran Amelia Tjandra ketika ditanyakan soal persaingan dengan Ace EX2. Dia hanya mengatakan biar konsumen yang menentukan pilihan sesuai kebutuhannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com