Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Hi-Max, Pikap Paling Mungil Daihatsu

Kompas.com - 10/11/2016, 14:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Model pikap Daihatsu resmi bertambah sejak peluncuran Hi-Max di Jakarta, Kamis (10/11/2016). Pikap berukuran lebih kecil dari Gran Max ini menyasar buat pebisnis yang mau kendaraan angkut ringkas.

Basis Hi-Max menggunakan platform yang sama dengan generasi baru Hijet di Jepang. Hi-Max ibarat perpaduan Hijet dan Gran Max.

Panjang Hi-Max 3,395 m, lebar 1,475 m, tinggi 1,77 m, dan wheelbase 1,9 m. Ukuran tubuhnya yang setara kei truck seberat 1.739 kg dan mempunyai radius putar efisien, yakni 4 m. Keunggulan pikap berpenggerak roda belakang ini jago keluar-masuk jalanan sempit.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pikap Daihatsu Hi-Max cuma dilengkapi transmisi manual 5-percepatan.
Di Jepang Hijet menggunakan mesin 660cc, sedangkan Hi-Max memiliki mesin 1KR-DE, 3-silinder, 1.0L. Mesin ini sama digunakan pada Ayla (65 tk) namun tenaganya di Hi-Max lebih kecil, yakni 56 tk. Torsinya sama, 85 Nm. Hi-Max cuma punya satu pilihan transmisi, manual 5-percepatan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pikap Daihatsu Hi-Max sanggup mengangkut beban 750 - 1.000 kg.
Ukuran bak yang digendong Hi-Max, panjang 1,935 m, lebar 1,395 m, dan tinggi 0,285 m. Kemampuan angkutnya diklaim 750 kg, kendati begitu Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development Astra Daihatsu Motor menjelaskan bisa dimaksimalkan sampai 1 ton.

Febri Ardani/KompasOtomotif Interior Daihatsu Hi-Max, varian tertingginya dilengkapi AC, power steering, dan jok pengemudi yang bisa digeser maju-mundur.
Hi-Max dijual Rp 93,3 juta, namun tersedia juga varian dengan tambahan power steering, AC, dan jok pengemudi yang bisa digeser dengan banderol Rp 103,3 juta. Semua varian menggunakan sistem kemudi rack and pinion, cakram berventilasi pada rem depan, dan tipe rem tromol di belakang.

Suspensi bagian depan didukung MacPherson Strut plus per keong, sedangkan di belakang rigid-axle dengan per daun. Seluruh ban memakai ukuran 145R dengan pelek 13 inci.

Kini pengusaha “tahu bulat”, tabung gas, galon air minum, dan buah plus sayuran, punya pilihan pikap yang lebih ekonomis. Di pasaran, Hi-Max tidak punya pesaing. Pihak ADM mengatakan, Hi-Max tidak ditujukan mengambil alih pasar sepeda motor roda tiga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com