Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Masih Bungkam Soal Ekspor CBR250RR

Kompas.com - 04/11/2016, 14:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - Memproduksi produk global Honda CBR250RR, selain menyasar pasar dalam negeri, Astra Honda Motor tentu juga berharap bisa menjualnya ke seluruh dunia. Namun, sampai saat ini, AHM belum menginformasikan negara mana yang akan dituju.

Johannes Loman, Executive Vice President AHM mengatakan, sudah banyak pihak (negara-nagara) yang menginginkan CBR250RR. Namun dirinya belum berani untuk mengungkapkannya, karena terkait dengan kebijakan negara yang bersangkutan.

"Saya sulit unutk membicarakannya, karena nanti kalau saya membicarakan ini, mereka (negara yang berminat) tidak akan senang. Pastinya produk ini untuk global, bisa ke mana-mana," ujar Loman kepada KompasOtomotif, Rabu (2/11/2016).

Loman melanjutkan, terkait ekspor, masing-masing negara memiliki aturan sendiri, dan Honda Indonesia perlu menyesuaikan. Terutama terkait dengan bentuk ekspor yang akan dikirm, secara utuh (completely built up/CBU), semi terurai (SKD) atau terurai (completely knocked down/CKD).

"Setiap negara memiliki kebijakan sendiri, jadi kami harus menyesuaikan. Ada beberapa negara yang tidak mengizinkan CBU ataupun beberap hal lain, termasuk dari segi pajak dan sebagainya," ujar Loman.

Koji Sugita, Direktur Marketing AHM juga tidak menjawab pertanyaan mengenai ekspor. " Terkait untuk ekspor, kami belum bisa menjawab kapan dan negara mana yang akan kami kirim. Pastinya, prioritas kami yaitu memenuhi kebutuhan demand atau pasar," ujar Sugita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com