Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Klasik BSA Dibeli India

Kompas.com - 26/10/2016, 17:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Merek klasik yang dikenal digunakan sebagai becak motor (Bentor) di Sumatera Utara, BSA, kini punya pemilik baru yaitu Classic Legends Private Limited (CLPL), anak perusahaan manufaktur otomotif asal India, Mahindra & Mahindra Limited.

CLPL membeli 100 persen saham BSA (Birmingham Small Arms Company Limited) seharga 3,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 54 miliar. Pembelian itu diremikan pada 21 Oktober 2016.

Diberitakan motofire.com, pembelian ini memberikan kekuasaan pada CLPL memegang semua lisensi BSA untuk distribusi dan pemasaran ke seluruh dunia. Saat ini BSA hanya beroperasi di Inggris, Jepang, Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Strategi ini jadi contoh ekspansi masif produsen asal India. Mahindra sudah membeli 51 persen saham Peugeot Motorcycles pada tahun lalu dan pada 2008 membeli 80 persen kepemilikan produsen komponen Kinetic.

BSA adalah merek asal Birmingham, Inggris, yang awalnya memproduksi perlengkapan perang. Selain merancang motor BSA juga pernah membuat mobil dan bus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com