Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Juragan yang Pakai Colt Diesel

Kompas.com - 20/09/2016, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak mulai dijual pada 1975, Mitsubishi Colt Diesel sudah melanglang buana di dalam negeri. Truk ringan yang juga dikenal dengan sebutan “Kepala Kuning” ini sudah terbukti jadi pilihan banyak pebisnis, populasinya mendekati 1 juta unit. 

Salah satu perusahaan yang banyak menggunakan Colt Diesel yakni PT Balina Agung Perkasa. Perusahaan yang berdiri sejak 1997 ini memiliki 350 unit buat operasional distribusi minuman kemasan.

Direktur Balina Agung Perkasa, Ferry Tjendekiawan, mengatakan, pilihannya menunjuk truk Mitsubishi karena kualitas, perawatan mudah, dan suku cadang yang mudah didapat.

“Varian Mitsubishi Fuso yang banyak saya gunakan adalah FM 517, HL Long, FE 71 Long dan L300, dimana varian-varian yang saya gunakan memiliki sasis yang panjang dengan power yang besar, sehingga memudahkan pendistribusian dari gudang agen kami,” ujar Ferry, dalam keterangan media dari Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Senin (20/9/2016).

Yogi Truk ringan terlaris di Indonesia masih dipeggang Mitsubishi Colt Diesel.

Sejarah Colt Diesel dimulai dari model gaek Colt T200 pada 1975 yang hadir setelah Colt T120 (1972) dan Colt T100 (1970). Aura nostalgia sempat menguat di pameran otomotif Gaikindo pada Agustus lalu, salah satu unit Colt T200 yang sudah direstorasi dipajang di stan Mitsubishi buat mengingatkan kembali masa lampau Colt Diesel.

Truk lawas itu dimiliki oleh pengusaha asal Blitar, Jawa Timur, Achmad Sunto. Ia membelinya pada 1990 sebagai model merintis usaha mengangkut telur dan ayam untuk dijual di pasar. 

Kini KTB sedang berusaha menggapai rekor dalam segmen kendaraan niaga, yakni menjual 1 juta unit Colt Diesel. Truk terlaris di Indonesia ini sekarang sudah terjual 987.947 unit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com