Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Masih Penasaran dengan Mitsubishi, Ancam Gerebek Lagi

Kompas.com - 11/09/2016, 08:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif — Kementerian Transportasi Jepang kemungkinan bakal menggerebek lagi kantor pusat Mitsubishi jika bukti dari inspeksi terakhir dinilai tidak cukup.

Via Carscoops, Sabtu (10/9/2016), Automotive News melaporkan pencarian lain bisa jadi dilakukan bila terendus ada kasus lain yang lebih besar.

Pada April lalu, Mitsubishi mengaku melakukan skandal pemalsuan bahan bakar pada empat model, dua di antaranya dijual Nissan, setelah Jepang menyatakan demikian.

Lantas, pada akhir Agustus, ditemukan masalah baru, yakni angka efisiensi bahan bakar delapan model lain, termasuk Pajero dan Outlander, tidak sesuai seperti yang diiklankan.

Mitsubishi tidak menentang temuan baru itu dan menyatakan telah ceroboh melakukannya. Belum berhenti, lantas Jepang menggerebek kantor pusat Mitsubishi di Nagoya pada awal September.

Pemerintah Jepang sepertinya masih penasaran. "Anda tidak bisa menyangkal pada perusahaan yang punya budaya rentan malapraktik. Dibanding produsen lain, kami harus memantau mereka dari dekat," ujar pejabat regulator divisi recall Yuki Ebihara.

Walau isu masih belum kelar, Nissan yang berencana membeli sebagian besar saham Mitsubishi pada tahun ini tetap pada jalurnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com