Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Fitur Keselamatan Daihatsu Sigra

Kompas.com - 02/09/2016, 17:13 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kendati lahir untuk kelas Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu Sigra didesain menganut sistem standar keamanan lengkap. Rasa melindungi penumpang bukan hanya datang dari fitur keselamatan tambahan, model MPV dengan tiga baris jok ini dirancang aman dari struktur.

Sigra memakai rancang bangun bernama Total Advance Function. Rangka bagian depan diperkuat buat mengantisipasi tumbukan dari depan, selain itu di seluruh pintu samping dilengkapi dengan baja tambahan side impact beam.

Stanly/Otomania Sigra Superior Point
Wujudnya berupa batang besi yang melintang di kerangka pintu. Anda tidak bisa melihatnya langsung pada model produksi, meski begitu jika sempat datang ke stan Daihatsu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) lalu penampakannya sempat diperlihatkan.

Keberadaan sistem keamanan pasif ini membantu meredam tekanan saat bagian samping mobil mengalami tumbukan.

Belum selesai sampai di situ, jika dijelajah lagi masih banyak kelengkapan keselamatan Sigra lainnya. Model yang diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat ini ditawarkan dalam enam tipe, yaitu D, M, X, X Deluxe, R, dan R Deluxe.

Toyota Kabin Calya dan Sigra
Mulai varian M ke atas dilengkapi dengan immobilizer, alarm, plus sensor parkir belakang. Mulai varian X ke atas fitur keselamatan semakin lengkap, terdiri dari kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan berikut sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter.

Khusus varian yang tersedia transmisi otomatis, tersedia rem dengan antilock braking system (ABS). Spesial untuk varian tertinggi, memiliki sensor parkir tambahan di bagian bemper depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com