Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Sigra Kejar Status "Mobil Aman"

Kompas.com - 24/08/2016, 16:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif -
Dalam aturan Low Cost Green Car (LCGC) tidak disebutkan sejauh mana produk harus memiliki fitur keamanan. Meski begitu, saat Daihatsu merancang Sigra tujuannya mendapatkan bintang empat NCAP (New Car Assesment Program).

Kekuatan dimulai dari rangka. Sigra menggunakan rancang bangun bodi yang dinamakan Total Advance Function. Rangka bagian depan diperkuat buat mengantisipasi tumbukan dari depan, selain itu di semua pintu samping dilengkapi dengan baja tambahan side impact beam.

Setiap tipe Sigra punya dua kantong udara di bagian depan. Saat terjadi kecelakaan, kolom  setir didesain bakal runtuh jika terjadi kecelakaan

Itu baru sebagian dari daftar, kelengkapan standar lainnya yaitu Pretensioner and Force Limiter Seat Belt, antilock braking system (ABS) khusus transmisi otomatis, dan immobilizer.

"Kalau dilihat produk terbaru kami fitur safety paling lengkap, paling baik di kelasnya. Sigra itu betul-betul dibuat untuk pasar indonesia. Dalam survei kami memang mencari untuk kebutuhan indonesia, namun secara kualitas bisa diterima di pasar lain," kata Rudy Ardiman Head Corporate Planning Division Astra Daihatsu Motor (ADM), Rabu (24/8/2016).

ADM mau Sigra mengikuti jejak Ayla yang sudah diekspor ke Filipina dengan nama Toyota Wigo. Saat ini penjajakan ke berbagai negara di Asia Tenggara sudah dilakukan, dalam beberapa bulan ke depan diharapkan datang kabar baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com