Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Sigra Belum Konkret

Kompas.com - 25/08/2016, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Masih terlalu dini membicarakan pasar ekspor buat model baru di kelas Low Cost Green Car (LCGC) milik Astra Daihatsu Motor (ADM), Sigra. Presiden Direktur ADM Sudirman MR mengatakan, pendekatan ke negara lain sudah dilakukan, tetapi dia belum mau mengungkap mana saja yang paling potensial.

“Masih dalam pembicaraan lagi dijajaki seperti Wigo yang sudah ke Filipina,” kata Sudirman menjawab pertanyaan wartawan soal perkembangan ekspor, di pabrik perakitan ADM di Karawang, Jawa Barat, Rabu (24/8/2016).

Sejatinya produk LCGC dirancang dan dikembangkan khusus untuk Indonesia. Kendati begitu, ADM mendobrak batasan, sejak 2013 secara rutin Daihatsu Ayla dikirim ke Filipina dengan nama Toyota Wigo. Di antara semua pemain LCGC, ADM jadi pabrikan pertama yang melakukannya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Wigo (berbasis Daihatsu Ayla) menunggu diekspor ke Filipina di pabrik Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).
Sudirman menginginkan hal yang sama terjadi pada Sigra. “Sekarang lagi kami coba tawar-tawarkan, tetapi belum ada yang konkret,” katanya.

Bisa jadi Sigra bakal mengikuti cerita Ayla yang baru diekspor lima bulan setelah diluncurkan pada September 2013. Sudirman mengatakan, pabrik kini lagi fokus untuk memenuhi permintaan domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com