Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Selusin Penyebab Kecelakaan di Jalan

Kompas.com - 01/09/2016, 10:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Kecelakaan lalu lintas sudah sangat biasa di Indonesia, mayoritas karena kelalaian manusia (human error). Tiap hari ratusan nyawa melayang di jalan, dan karena nyawa Anda berada dalam risiko tinggi, penting untuk selalu waspada.

Namun, meski kita berlaku waspada dan berhati-hati, tidak semua pengendara di sekitar kita melakukan hal yang sama. Kemungkinan celaka juga sangat besar di luar kesigapan diri sendiri. Seperti dilansir huffingtonpost, (31/8/2016), ada beberapa hal yang sering menyebabkan kecelakaan.

Awasi hal-hal berikut ini:
1. Gangguan Mengemudi. Penyebab kecelakaan terbesar selama 10 tahun terakhir. Sebisa mungkin konsentrasi dalam mengemudi. Hindari ponsel, makan, membaca, dan melakukan aktivitas lain.

2. Mabuk. Di Amerika Serikat, hal ini sangat banyak ditemui. Tapi jika di Indonesia, faktor mabuk menjadi nomor kesekian.

3. Kecepatan tinggi. Tak bisa dihindari untuk ngebut, apalagi kalau sudah terlambat. Namun faktor ini menjadi salah satu yang terbesar penyebab kecelakaan. Usahakan ikuti batas kecepatan maksimal.

4. Mengemudi ”jorok”. Misalnya pindah jalur tiba-tiba, atau mengemudi agresif dan tak mau mengalah. Ini juga menjadi penyebab kecelakan yang sangat umum.

5. Hujan. Jalan yang licin dan jarak pandang yang sangat minim membuat pengemudi harus meningkatkan kewaspadaan. Lebih baik menunggu atau berjalan pelan sambil tunggu badai berlalu.

6. Pelanggaran rambu. Di Indonesia, ini justru menjadi penyebab kecelakaan paling tinggi. Misalnya, menerobos lampu merah, melawan arus, sampai berhenti sembarangan.

7. Berkendara malam. Jarak pandang terbatas karena gelap, bikin mengemudi malam hari makin sulit. Hati-hati dan sebisa mungkin hindari jalan yang tak berlampu.

9. Membuntuti. Sangat dekat melaju dengan kendaraan di depannya, justru sangat berbahaya. Berperilaku sabar meski mobil di depan tampak lambat.

10. Pengemudi pemula. Remaja, orang yang baru belajar mengemudi, menjadi salah satu penyebab besar kecelakaan. Menyebalkan kadang, tapi seharusnya memang lebih sabar menjadi kunci keselamatan.

11. Lubang jalan. Jalanan rusak kadang bikin frustasi, dan tidak bisa dihindari. Usahakan jangan ganti lajur secara mendadak, karena akan membahayakan pengemudi lain.

12. Pecah ban. Banyak orang kurang peduli dengan kondisi ban, termasuk tekanannya. Seperti bom waktu, ban bisa menjadi sangat berbahaya saat meletup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com