Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Pimp My Ride” Datsun GO dari West Coast Customs

Kompas.com - 16/08/2016, 15:58 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Signal Kustoms, rumah modifikasi asal Bandung, terus-terusan menginjeksikan rasa Amerika Serikat buat jadi inspirasi di dalam negeri. Usai join dengan Tjin Edition merakit Honda HR-V buat SEMA 2015, tahun ini giliran Datsun GO yang tersenggol cita rasa Paman Sam.

Signal merangkul rumah modifikasi kelas berat asal California, West Coast Customs. Ternyata, kepala desainer label modifikasi yang sempat beken lewat program Pimp My Ride di MTV ini adalah orang Indonesia, Musa Tjahjono.

Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun GO rancangan kepala desainer West Coast Customs yang diterjemahkan Signal Kustoms.
Musa diminta menuangkan idenya buat meracik hatchback GO. Blueprint dibuat lantas diterjemahkan oleh Signal. Hasilnya sudah bisa kita lihat mejeng di stan Datsun di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

“Tidak lama membuatnya, cuma sebulan. Ada beberapa item yang kami kolaborasikan, tapi semuanya approve dari Musa,” kata Andre Mulyadi, bos Signal, Senin (15/8/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Ada banyak aplikasi serat karbon di kabin.
Modifikasi GO sangat khas Indonesia. Pada sisi bodi yang terlabur cat biru terpampang airbrush kelir emas bergambar candi Borobudur. Di kap mesin hingga atap tergambar “garis khatulistiwa” yang melewati Indonesia.

Desain Musa ditambahkan kit bodi buatan Signal. Di kabin, nuansanya mirip, biru dan emas, berikut nuansa khas Nusantara seperti gambar wayang ada di bagian pintu. Aplikasi serat karbon ada di banyak tempat termasuk setir dan panel AC.

Febri Ardani/KompasOtomotif Interior Datsun GO rancangan kepala desainer West Coast Customs yang diterjemahkan Signal Kustoms.
Datsun karangan Musa dijadikan ikonis kontes modifikasi khusus GO yang digelar Datsun Indonesia, Xplore Your Style. Bos Datsun Indonesia Indriani Widjaja mengatakan semoga karya anak Indonesia ini bisa menginspirasi banyak pemodifikasi di Tanah Air.

Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun GO menggendong perangkat audio di bagasi

Febri Ardani/KompasOtomotif Desain khas Nusantara juga ada di kabin.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail sangat diperhatikan, sampai warna sabuk pengaman juga disesuaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com