Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakin Bisa Nyetir? Coba Tes di Simulator Datsun

Kompas.com - 15/08/2016, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Apa Anda yakin bisa nyetir baik dan benar? Kalau berani coba tes di simulator mengemudi yang disediakan Datsun di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Simulator ini dibuat semirip mungkin dengan kabin mobil Datsun, perangkat interiornya asli. Ada tiga monitor yang jadi penampang pandangan bagian kiri, depan, dan belakang.

Ujiannya dimulai ketika pengemudi duduk di jok. Setelah itu, jika ingin dapat nilai bagus, maka harus menjalankan prosedur yang betul.

Misalnya memasang sabuk pengaman, menarik tuas rem parkir sebelum menyalakan mesin. Hal kecil ini sering dilupakan saat mengemudi betulan, namun di simulator semuanya dinilai.

Suara pada headphone akan memberikan instruksi apa yang harus dilakukan. Ada tiga pilihan model uji yang secara acak diberikan, masing-masing mengetes urutan yang benar saat berbelok, masuk ke bundaran, sampai sikap di persimpangan.

Simulator ini dibedakan menjadi dua kelas, pemiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tidak. Setiap pengunjung yangt mendapat nilai di atas 8 akan diberikan hadiah langsung berupa botol minuman.

Lima pemilik SIM dengan nilai tertinggi akan dihubungi kemudian buat mendapat hadiah voucher belanja. Sedangkan 50 pencoba tanpa SIM yang punya nilai paling tinggi akan dibiayai Datsun Indonesia untuk bikin SIM.

Bisa jadi terlihat sepele, namun sebenarnya sangat sulit dites di simulator. Buat yang belum punya SIM, simulator ini bisa digunakan sebagai tempat belajar. Sementara untuk pemilik SIM, simulator akan menentukan apakah pencobanya pernah menjalani tes yang benar.

Saat ditemui di lokasi, Minggu (14/8/2016), salah satu penjaga simulator mengatakan justru yang yang nilainya paling jeblok dari kelas pemilik SIM. Malah ternyata ada peserta dari kelas tanpa SIM yang mendapat nilai 10, paling sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com