Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Hino-Isuzu Makin Mesra di Jepang

Kompas.com - 08/08/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Ishikawa, KompasOtomotif – Persaingan ketat sangat terasa di segmen kendaraan niaga, antara Hino dan Isuzu. Ternyata, kondisi 180 derajat terjadi di Jepang, di mana kedua perusahaan semakin menikmati kemesraan hubungan.

Faktanya, proyek  J-Bus, hasil kolaborasi Hino dan Isuzu, akan menambah volume produksinya 30 persen, mulai Oktober 2016 nanti. Kedua belah pihak menargetkan 2.500 unit bus bisa diproduksi untuk tahun fiskal 2016.

Perusahaan dengan kepemilikan sama rata (50-50) ini berbasis di Prefektur Ishikawa, Jepang, memproduksi bus berkapasitas penumpang 30 orang lebih. Harga satu unit bus berkisar 30 juta yen - 45 juta yen, atau sekitar Rp 3,8 miliar - Rp 5,7 miliar.

Produk J-Bus yang dijual oleh Hino menggunakan nama S’elega, sementara Isuzu, menamainya, Gala. Pada bulan yang sama, J-Bus juga akan menambah jam kerja pada malam hari, dengan juga melakukan perekrutan baru, untuk menangani meingkatnya pemesanan, seperti dilansir Nikkei, Minggu (7/8/2016).

Hino dan Isuzu mulai menggeser produksi mereka ke perusahaan patungan sejak tahun 2004. Sejak itu permintaan bus meningkat, dengan hadirnya banyak wisatawan asing ke Jepang. Pada tahun lalu penjualan bus di Jepang menapai 5.000 unit. Angka ini menjadi yang pertama kalinya dalam 7 tahun terakhir.

Bukan hanya sekedar bus, kali ini teknologi keamanan terbaru juga sudah mulai diaplikasikan, mulai dari rem untuk memperkecil kerusakan dari kecelakaan, dan sebuah mekanisme yang bisa mencegah bus untuk terguling atau jungkir balik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com