Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus “Semi High Deck” dari Bogor Resmi Meluncur

Kompas.com - 04/07/2016, 07:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Bus semi high deck dengan kaca depan ganda lagi “ngetren” belakangan ini. Pada pekan lalu, perusahaan karoseri asal Bogor, PT Rahayu Santosa, ikutan ambil bagian dengan meluncurkan bus jenis itu pada model Jetliner .

Jetliner adalah bus kelas premium yang sudah diluncurkan pada tahun lalu. Pemesanan dari perusahaan bus dikatakan cukup tinggi, namun sayangnya manajemen Rahayu Santosa bertahan dengan Jetliner buat sasis untuk gross vehicle weight (GVW) 18 ton ke atas dengan panjang 13,5 m.

“Tahun lalu kami merilis model Jetliner varian High Deck untuk Perusahaan Otobus (PO) Putra Pelangi Perkasa. Bus dengan tinggi 3,9 meter pertama di Indonesia untuk melayani penumpang di Sumatera,” ujar Manager Marketing PT. Rahayu Santosa, Chrystianto Sutardi, dalam siaran resminya, Jumat (1/6/2016).

Mulai 2016 Jetliner semi high deck diputuskan jadi produk tawaran. Varian ini cocok untuk bus GVW 15-16 ton dengan panjang 12 m dan tinggi 3,7 m. Sama seperti varian Jetliner lainnya, semi high deck juga bisa digunakan sebagai bus Antar Kota Antar Provinsi atau pariwisata.

“Kami tak mengira tren bus dengan kaca ganda sangat diminati. Kami akhirnya mengkaji keinginan pasar dan lahirlah produk Semi High Deck dari Jetliner,” kata Chrystianto.

Karoseri Jetliner semi high deck dibangun di atas sasis Hino R-260 RK8JSKA – NHJ dan Hino RN-285 RN8JSKA – SJJ. Sudah ada enam PO yang memesan varian itu. Pesanan lainnya datang dari dua PO lain yang meminta Jetliner semi high deck dari sasis Mercedes-Benz OH-1526.

Total, ada 35 unit Jetliner semi high deck yang diharapkan sudah beredar di jalan saat mudik tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com