Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy Bisa Selamatkan MV Agusta dari Lilitan Utang

Kompas.com - 31/03/2016, 11:43 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – MV Agusta sedang dilanda masalah keuangan, karena harus membayar utang senilai 44.800.000 dollar AS atau setara Rp 595,5 miliar. Namun, produsen sepeda motor asal Italia itu tidak sanggup jika membayar sendiri dalam kurun waktu 90 hari kedepan.

Kabarnya, Mercedes-Benz siap membantu melunasi utang tersebut. Merek mobil premium asal Stuttgart, Jerman itu memang punya saham 25 persen di MV Agusta. Pembeliannya dilakukan pada November 2014 oleh Daimler AG.

Seperti dilansir laman Worldcarfans, Kamis (31/3/2016), syarat yang dilontarkan adalah Mercy ingin membeli seluruh saham MV Agusta. Uang hasil pembelian bisa digunakan untuk membayar utang.

Namun, Giovanni Castiglioni, Presiden MV Agusta  tidak bersedia menyerahkan seluruh sahamnya kepada Mercy. Bahkan, rumorsnya bisa dipindah tangankan ke investor lain, yakni Investindustrial, yang merupakan mantan pemilik Ducati.

Saat ini, perusahaan telah meminta concordato di continuità (perjanjian kontinuitas) yang merupakan bentuk perlindungan terhadap kreditur. Hal ini tentu akan memberi sedikit ruang untuk bernafas dan menghentikan perusahaan dari kebangkrutan.

Perusahaan sepeda motor asal Italia tersebut berkomitmen untuk melakukan restrukturisasi (menata kembali) kondisi internal perusahaan. Kemudian merencanakan proyek yang akan membuahkan keuntungan. Hal tersebut wajib dilakukan sebagai syarat mendapat "perjanjian kontinuitas".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com