Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MV Agusta Brutale 800 Baru Tak Sebrutal Dulu

Kompas.com - 18/11/2015, 16:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – MV Agusta menampilkan sejumlah model baru menyambut EICMA yang diselenggarakan di Milan, Italia, 18-22 November 2015. Salah satu yang mendapat sorotan, Brutale 800. Selain ada pembaruan tampang, model terlaris ini juga mendapat revisi di bagian mesin yang membuat tenaganya turun sedikit.

Makeover yang dilakukan produsen sepeda motor asal Italia itu meliputi desain bagian belakang yang lebih tajam dan kompleks. Lekuk tangki bahan bakar dan knalpot juga baru, diklaim semakin sporty. Sementara lampu-lampu tambah cantik dengan pemakaian LED.

Kendati lebih garang, namun performa mesin sedikit diturunkan. Hal itu terpaksa dilakukan karena kewajiban produsen sepeda motor di Eropa yang harus menyediakan produk dengan standar emisi Euro4.

Asphaltandrubber Kendati tenaga berkurang, namun sejumlah make over cukup membuat MV Agusta 800 diperhitungkan.
Kini, Brutale 800 mempunyai tenaga maksimal 116 tk, turun 9 tk dari sebelumnya 125 tk. Namun MV Agusta berhasil mendongkrak torsi puncak, dari 79,9 Nm menjadi 82,7 Nm. Rasio kompresi juga turun, dari 13,3:1 menjadi 12,3:1. Total bobot juga lebih berat, naik 7,7 kg menjadi 174,9 kg.

Suspensi masih menggunakan Marzocchi di depan dan Sachs untuk belakang. Cukup aneh, karena Marzocchi sedang dirundung masalah dan diisukan bakal menutup usahanya.

Cukup sayang performa Brutale turun, namun perubahan yang dilakukan perusahaan pada perwajahan cukup mendongkrak daya tarik. Paket elektronic MVICS yang akan dipasangkan juga cukup memberi peluang untuk sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com