Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Beri Fitur Interaktif pada Multistrada 1200S Terbaru

Kompas.com - 30/03/2016, 16:20 WIB
Fidel Ali

Penulis

KompasOtomotif - Salah satu kekuatan Ducati Multistrada 1200S adalah adanya fitur mode berkendara (Riding Mode). Kelengkapan riding mode, memungkinkan sepeda motor mengubah karakteristik hingga setelan komputer dan beberapa komponen di dalam mesin.

Riding mode itu meliputi Touring, Sport, Urban, dan Enduro.

Teknisnya, mode ini dapat dipilih dengan tombol di sebelah kiri setang dan mudah dijangkau. Cukup pencet tombol maka menu riding mode akan muncul di panel. Jika sudah memilih mode yang dikehendaki, rider kemudian melonggarkan grip gas kurang dari 2 detik. Riding mode yang dipilih akan beroperasi.

Karakter

Mode "Touring" jadi pilihan tepat bagi yang ingin berkendara nyaman. Setidaknya hal itu yang dirasakan awak redaksi ketika test ride di Chiang Rai, Thailand. Hal ini karena tenaga dari motor ini tersalurkan dengan baik dan tidak terlalu menyentak.

Saat mencoba mode "Urban", penyaluran tenaga seperti "dicekik". Ada indikasi mode ini difungsikan untuk pengendaraan di perkotaan yang lebih banyak "stop and go".

Lain halnya dengan mode "Enduro". Pilihan ini ditujukan untuk penggunaan motor di jalan off-road. Tenaga motor pun merosot hingga 100 tk (tenaga asli 160 tk).

Terakhir dan cukup favorit adalah "Sport". Mode ini bertugas memaksimalkan tenaga untuk melaju kencang. Karakter mesin superbike yang digendong akan terasa maksimal. Beberapa penyesuaian pun terjadi, seperti puntiran gas lebih responsif dan suspensi menjadi lebih kaku (rigid).

Fidel Ali/Kompas.com Tampilan layar dashboard Ducati Multistrada 1200S

Utak-atik

Menariknya lagi, riding mode dapat diutak-atik sesuai kebutuhan. Meski begitu, Ducati tidak menyarankan proses "edit" pada riding mode lantaran sudah disesuaikan antara lain mesin, suspensi, kontrol daya cengkram, dan cornering ABS.

"Bisa diutak-atik, tapi sangat tidak disarankan, ini untuk advance user saja yang ingin merubah beberapa fitur di mode-mode tertentu,"  kata Marketing Director Ducati Asia David James kepada Kompas.com di Thailand beberapa waktu lalu. (Baca: Membelah Bukit Chiang Rai dengan Ducati Multistrada 1200S )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com