Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Penampakan Pabrik Esemka di Boyolali!

Kompas.com - 21/03/2016, 06:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Solo, KompasOtomotif - Pembangunan pabrik mobil bermerek nasional Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali-Jawa Tengah, sudah mulai berjalan. Lokasi ini nantinya disiapkan sebagai kantor pusat Esemka, yang memiliki beberapa fasilitas, seperti show room, layanan purna jual, pabrik perakitan (assembling), sampai kantor pemasaran.

Dari hasil pantauan KompasOtomotif di lokasi, terlihat pengerjaan sudah sampai pemancangan rangka baja di bagian depan. Sedangkan bagian belakang yang akan menjadi lahan untuk kegiatan servis serta assembling baru dalam tahap pembuatan pondasi.

Budiyanto, Project Manager PT Ghewantika Konstruksi (GWK) yang mengerjakan konstruksi dan pembangunan pabrik tersebut, mengatakan bahwa proyek yang tengah dikerjakan adalah milik PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE). Proses pembangunan sudah bergulir sejak Januari 2016.

"Targetnya selesai sampai rapih semua kami tidak tahu persisnya, tapi kontrak yang kami dapat itu memang sampai bulan Juni," ucap Budi saat ditemui KompasOtomotif di Demangan, Boyolali, Senin (14/3/2016).

Stanly/KompasOtomotif Lahan assembling di bagian belakang masih dalam tahap pembuatan pondasi

Pada tahap awal pembangunan, Januari 2016, fokus pengerjaan adalah untuk meratakan dan pengurukan bidang tanah. Menariknya, tidak semua lahan di lokasi ini diratakan, karena masih ada tanah tersisa di bagian belakang area yang tengah dibangun.

Saat ini konsentrasi pembangunan masih terpusat di bagian depan, yang infonya akan menjadi ruang pamer (showroom) dan kantor. Area ini memiliki 450 meter persegi.

Stanly/KompasOtomotif Para pekerja sedang memasang rangka baja di bagian showroom

"Untuk showroom 450 meter, bagian belakang showroom dibikin tingkat. Itu nanti untuk kantor, jadi modelnya dua lantai. Bagian belakang, tempat assembling dimensinya itu 30x100 berarti 3.000 meter. Kalau saat awal kami lihat, bentuk tanahnya itu leter L," ucap Budi.

Laporan Langsung Wartawan KompasOtomotif Stanley Ravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com