Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diam-Diam, “Mobnas” Esemka Siapkan Pabrik di Boyolali

Kompas.com - 11/03/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Belum lama ini, KompasOtomotif  memberitakan tentang rencana produksi “mobil nasional” (mobnas) Esemka yang akan dimulai paruh kedua tahun ini. Informasi itu terus mengalir, dan terbaru ada bocoran mengenai tempat berdirinya pabrik perakitan.

Dari sumber yang mengetahui rencana ini, pembangunan pabrik Esemka berlokasi di Jawa Tengah. Saat ini, proses pembangunannya sudah berjalan.

“Pabriknya di Boyolali, tepatnya di Desa Demangan, Kecamatan Sambi,” kata sumber kepada KompasOtomotif, Kamis (10/9/2016) malam.

Sayang, sumber enggan membuka keran informasi lebih lebar. Ia mengelak, tidak punya hak untuk membeberkan lebih dalam, karena orang yang seharusnya memberikan pernyataan itu adalah AM Hendropriyono pemilik PT Adiperkasa Citra Lestari yang sudah resmi meminang PT Solo Manufactur Kreasi (SMK).

“Sekarang sudah mulai dibangun pabriknya. Lebih lengkapnya bisa ditanyakan langsung ke pak Hendro,” ucap sumber itu.

Dalam mengembangkan Esemka, perusahaan milik mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu bekerjasama dengan produsen mobil nasional Malaysia, Proton. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) itu disaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak di Kuala Lumpur, Malaysia, Februari 2015.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com