Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bandung Optimistis Tatap 2016

Kompas.com - 28/01/2016, 16:01 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


Bandung, KompasOtomotif – Honda Bandung Center (HBC), main dealer mobil Honda di Jabar dan Banten, menutup penjualan tahun 2015 dengan manis. Padahal, di tahun 2015, pasar otomotif lesu diikuti dengan angka penurunan penjualan di kompetitor.

Manajer Operasional HBC, Junianto Naibaho, mengatakan, pada periode Januari-Desember 2015, HBC berhasil menduduki posisi kedua setelah Toyota dengan market share 20,3 persen.

“Tahun lalu kami bisa melampaui target, 100,6 persen. Nilai total yang terjual 21.456 unit,” ujar Junianto di Bandung, akhir pekan lalu.

Honda Mobilio, sambung Junianto, menjadi penyumbang terbesar dengan penjualan di angka sekitar 400 unit setiap bulannya dengan market share sebesar 22,9 persen. Lalu HR-V yang menempati posisi pertama di Jabar dengan market share di atas 30 persen pada 2015.

Penyumbang terbesar selanjutnya adalah Honda Brio yang menempati posisi kedua sebagai penyumbang terbesar juga dengan market share 23,8 persen. “Penjualan terbesar masih Bandung dan sekitarnya dengan market share 51 persen,” imbuhnya.

Mengenai target 2016, Junianto mengaku makin optimistis. Hingga kini pihaknya belum bisa menyebutkan angka 2016. Namun yang pasti, angkanya tidak jauh dari target nasional, yakni penjualan sebanyak 180.000 unit pada 2016.

“Mungkin beda sedikit kenaikan di Jawa Barat dengan target nasional, tapi untuk angkanya belum bisa kami siarkan,” imbuhnya. Keyakinan Junianto di 2016 didorong oleh beberapa hal. Di antaranya, turunnya harga BBM, masih banyak daerah yang belum dimaksimalkan, serta turunnya suku bunga acuan dari 7,5 persen menjadi 7,25 persen.

Penurunan suku bunga acuan, sambung Junianto, berpengaruh pada konsumen kelas LMPV maupun LCGC. Karena itu, penurunan ini diprediksi akan meningkatkan penjualan. Selain itu, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi. Seperti program pembayaran uang muka (DP) rendah atau angsuran rendah yang berhasil diterapkannya di tahun sebelumnya.

“Kami juga akan memperkuat 10 titik auto market di luar Bandung. Karena sampai sekarang 10 market ini pencapaiannya masih single digit, masih perlu dimaksimalkan,” tuturnya. Ke-10 titik itu di antaranya berada di Kuningan, Majalengka, Subang, Garut, Rangkasbitung, Cilegon, Cibiru, Soreang, Ciamis, dan Cibeureum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com