Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Navara Berlambang Mercedes-Benz Mulai Dites

Kompas.com - 22/01/2016, 14:51 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Carscoops

Stuttgart, KompasOtomotif – Niat Mercedes-Benz memasarkan ulang pikap generasi ke-12 Nissan NP300 Navara semakin gamblang setelah foto-foto spyshot unit uji beredar di internet. Gambar yang diambil di di Eropa bagian selatan ini jadi sinyal kuat kalau proyek hasil kerja sama Mercedes-Benz dengan aliansi Renault-Nissan mendekati nyata.

Sama seperti protokol menguji model baru di tempat terbuka, beberapa bagian ditutupi karena masih rahasia. Selain lambang merek di bagian gril yang disembunyikan terlihat juga keempat fender ditutupi. Indikasinya, Mercedes-Benz mau memodifikasi jarak fender dengan roda lebih tinggi lagi.

Carscoops PIkap Mercedes-Benz akan dibangun dengan artsitektur Nissan NP300 Navara.
Awalnya berita Mercedes-Benz mau coba peruntungan menjual model pikap cuma sebatas gosip dan becandaan otomotif. Namun pernyataan merek Jerman itu pada Maret 2015 yang mengonfirmasi sedang merancang pikap kelas satu ton berbasis NP300 Navara, jelas menghapus keraguan.

Targetnya model komersial itu rilis ebelum 2020. Foto colongan yang kita lihat sekarang menandakan proses rancangannya sedang dilakukan.

KompasOtomotif-donny apriliananda Nissan All-New Navara di tengah perjalanan di Gayo Lues, Aceh Tengah.
Mercedes-Benz join dengan Renault-Nissan memang bukan lagi hal baru. Sebelumnya kedua pihak sudah mengerjakan pengembangan mesin, melahirkan Smart ForTwo dan Renault Twingo, memasok van Nissan NV350 buat Mercedes-Benz, dan Mercedes-Benz A-Class berbasis Infiniti Q30.

NP300 Navara dengan lambang tiga bintang akan diproduksi di dua pabrik, fasilitas Renault di Cordoba, Argentina untuk pasar Amerika Latin dan fasilitas Nissan di Barcelona, Spanyol, buat Eropa, Australia, dan Afrika Selatan mulai 2018.

Bukan hanya Mercedes-Benz dan Nissan, rencananya Renault juga bakal punya truk versi sendiri berbasis NP300. Tahun lalu model itu sudah diperkenalkan dalam wujud konsep Alaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com