Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Timang 3 Superbike, Mana Paling Siap?

Kompas.com - 11/12/2015, 16:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber MCN

Milan, KompasOtomotif – Honda Motor Corporation sedang menyiapkan superbike paling baru untuk dilahirkan pada 2017. Setidaknya ada tiga pilihan yang akan dipertimbangkan, dan hal ini belum bisa diputuskan dalam waktu dekat.

Seperti dilaporkan motorcyclenews (9/12/2015), menguak yang tersisa dari EICMA, Milan, November silam, Head of Honda Research and Design Department Tetsuo Suzuki membocorkan rahasia tersebut. Dialah orang yang memang cukup kredibel bicara tentang pengembangan sepeda motor baru.

Dikatakan Suzuki San, bahwa Honda punya tiga proyek, saat ini sedang dalam masa pertimbangan  yang sangat serius. Hal tersebut berkaitan dengan cukup berkembangnya pasar superbike di dunia dalam beberapa tahun terakhir, dan Honda menyatakan tidak mau ketinggalan.

”Tiga opsi itu adalah pengganti Fireblade, RVF1000 model baru, dan versi murah RC213V-S. Kami mempelajari kemungkinan munculnya tiga produk ini secara pararel. Kemungkinan dari ketiganya akan ada satu atau bahkan dua yang bakal diproduksi,” kata Suzuki San.

Dalam hal ini, dirinya menegaskan bahwa Honda akan fokus menciptakan sepeda motor jalanan, bukan sirukuit. Andai Fireblade menjadi salah satu opsi yang disetujui misalnya, tidak akan ada versi ekstrem.

”Sebagai contoh Yamaha R1M. Konsep dan performa Fireblade nanti bukan ditujukan untuk pengendara yang ingin melaju di trek, karena bukan itu tujuan diciptakannya produk ini. Kami akan membuatnya tetap menjadi sepeda motor jalanan yang mudah dipakai,” ucap Suzuki.

Honda memikirkan bagaimana RC213V-S juga dibuat lebih murah. Saat diluncurkan, model ini memang dijual luar biasa mahal, mencapai 184.000 dollar AS atau setara Rp 2,5 miliar. Ada opsi Honda membuat lebih terjangkau jika memang RC213V-S mendapat respons positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com