Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Motor Milik Alumni SMK Dibantu Honda

Kompas.com - 06/12/2015, 12:59 WIB

Sidoarjo, KompasOtomotif - Adalah Dedy Adi Candra, alumnus SMK Walisongo, Gempol, Sidorajo, Jawa Timur, merupakan wirausaha yang patut jadi contoh positif.

Bermodalkan semangat dan bekal pendidikan yang diperoleh selama duduk di bangku sekolah, remaja 21 tahun ini bertekad punya bengkel sendiri. "Awalnya saya tambal ban, membantu bapak di rumah. Tapi, mulai duduk di kelas dua, mulai berdatangan konsumen untuk servis motor dan ganti oli, pakai peralatan seadanya saja" kata Dedy menjawab KompasOtomotif di Sidoarjo, Sabtu (5/12/2015).

Dedy merupakan salah satu siswa SMK yang mendapat bekalan ilmu Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di sekolahnya. Lewat bekal ini dan memang dirinya berpestasi di sekolah, lantas PT Astra Honda Motor (AHM) menciptakan program baru untuk pemberdayaan generasi muda alumni SMK jurusan Teknik Sepeda Motor Honda.

Dedy terpilih dipercaya untuk menjadi pilot wirausaha muda karena sebagai alumni SMK,  anak muda ini dinilai memiliki semangat dan kemauan yang besar untuk berwirausaha di bidang perbengkelan. Minat dan potensinya terlihat sejak ia duduk di bangku sekolah sehingga keterampilannya terus didorong untuk menjadi wirausaha mandiri oleh sekolah.

Sejak lulus SMK, Dedy langsung mengaplikasikan ilmu dari KTSM Honda dengan mendirikan bengkel kecil di rumah orangtuanya di daerah Gempol, Pasuruan dengan peralatan dan modal seadanya. Dedy mampu melayani servis 150 sepeda motor Honda per bulan dan dia juga memberi kesempatan alumni SMK untuk ikut bekerja di bengkelnya.

AHM kemudian memberikan donasi seperangkat tools dan sarana bengkel yang mumpuni untuk menggulirkan usaha jadi lebih layak. Selain itu, Dedy juga diberikan bantuan dana oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia senilai Rp 25 juta.

“Alumi SMK bisa berwirausaha selama tekun dan punya niat yang kuat. Kami akan mendukungnya karena kami ingin muncul dedy-dedy lain dari alumni SMK agar manfaat transfer teknologi untuk masyarakat yang kami lakukan bisa semakin luas,” kata Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication AHM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com