Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos “Back to the Future” Bisa “Drifting”

Kompas.com - 21/10/2015, 13:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Para peneliti dari Stanford University, California, Amerika Serikat, punya ide lain pengembangan otonomos. Beda seperti pabrikan yang mau otonomos bekerja di jalan umum, mereka pilih inovasi lebih menyenangkan, membuat mobil bisa drifting otomatis di sirkuit.

Objek yang digunakan juga menarik, mobil dari film Back to the Future, DeLorean DMC-12. Model dengan ciri khas pintu gullwing ini satu-satunya yang pernah diproduksi oleh DeLorean Motor Company.

Car Advice DeLorean DMC-12 berteknologi otonomos dan bisa "drifting".
Selasa (20/10/2015), DMC-12 dengan teknologi otononmos diperkenalkan. Mobil yang diberi nama Marty seperti karakter yang diperankan Michael J. Fox dalam film ini mampu melibas tikungan dengan aksi drift sambil membakar ban. Aksinya lebih baik ketimbang pebalap manusia sebab sistem komputer bisa mengendalikan batas batas traksi. Selain itu, teknologinya juga bisa menghindari scenario ekstrem kecelakaan.

“Kami bukannya mengembangkan kendaraan otomatis untuk jalanan yang bisa memproduksi awan dari asap putih ban. Walaupun sebenarnya itu keren,” kata professor dari Stanford, Chris Gerdes, seperti dilansir dari Automotive News.

Car Advice DeLorean DMC-12 berteknologi otonomos menggunakan dua motor listrik yang diletakan di bagasi.
Di film, DMC-12 butuh unsur radioaktif plutonium dan tenaga listrik setara kebutuhan pabrik nuklir ukuran kecil 1,21 gigawatt untuk bergerak mengunjungi masa depan. Sementara Marty dirancang sebagai mobil listrik bekerja sama dengan Renovo Motors.

Terdapat dua motor listrik tambahan yang bekerja membantu menggerakan kedua roda belakang seperti layaknya mobil drift. Seluruh pengembangannya memakan biaya 529.000 dollar Amerika Serikat (Rp 7,2 miliar).

Lihat aksinya membakar ban di video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com